Hari Anti Korupsi Sedunia untuk Mawas Diri

Antonio    •    Minggu, 09 Dec 2018 16:43 WIB
korupsi
Hari Anti Korupsi Sedunia untuk Mawas Diri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo (ketiga dari kanan) saat memperingati hari anti korupsi sedunia di Bekasi, Jawa Barat, Minggu 9 Desember 2018. Foto: Istimewa.

Bekasi: Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) dinilai penting untuk diperingati setiap tahun. Peringatan Hakordia secara tidak langsung bisa mencegah oknum melakukan tindakan korupsi.

"Bisa melakukan pencegahan dan tidak melakukan korupsi baik di Kota Bekasi maupun di Indonesia. Itu sangat penting kita ingat, supaya kita bisa mawas diri," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat, Minggu 9 Desember 2018.

Agus menjelaskan, pejabat publik harus memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat. Karena, pekerjaan yang dipegang adalah suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

"Jadi silahkan dinilai, bahwa sekarang sudah berjalan seperti apa. Kedepan kita harus meningkatkan atau melakukan pencegahan dan penindakan," jelas Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Agus mengimbau agar pihak-pihak terkait menerapkan sistem transparansi dalam hal keuangan. "Agar kita bisa menghindari conflict of interest. Oleh sebab itu, kita harus bisa mengubah mindset taat aturan dari sejak dini," jelas Agus.


(DEN)