Ridwan Kamil: Kakek Saya Pejuang Hizbullah Jabar

Jaenal Mutakin, Roni Kurniawan    •    Minggu, 19 Mar 2017 12:22 WIB
pilkada jabar
Ridwan Kamil: Kakek Saya Pejuang Hizbullah Jabar
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (berpeci) naik sisingaan saat kirab menuju Tegalega untuk deklarasi dukungan Partai NasDem pada Pilgub Jabar 2018, Minggu, 19 Maret 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil resmi mendapat dukungan Partai Nasdem untuk maju di Pilgub Jabar 2018. Pemilik sapaan Kang Emil itu, tampak terharu saat berpidato di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega Kota Bandung, Minggu, 19 Maret 2017.

Di podium utama, Emil berbicara banyak hal. Dari mulai pandangannya terhadap keberagaman Indonesia, karakter pemimpin, hingga sejarah hidupnya.

"Saya datang dari keluarga pejuang. Kakek saya almarhum Panglima Hizbullah di Jawa barat. Uwa (Paman/Bibi) saya gugur membela Indonesia. Membawa santri melawan Belanda," kata Emil. Pidatonya sempat terhenti sejenak.

Emil mengaku tidak pernah menceritakan sejarah hidupnya itu pada khalayak, sebelumnya. Dia ingin menyampaikan bahwa darah pejuang selalu hadir dalam kesehariannya. 

"Saya sangat Sunda, dari sisi etnisitas ayah saya orang Subang dari kakek orang Garut dan nenek dari Sumedang," kata dia.

Pada kesempatan itu, Emil berharap terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Hal ini sesuai dengan arti nama yang diberikan kepadanya.

"Nama saya Muhammad Ridwan Kamil, itu doa dari orang tua. Muhammad supaya terinspirasi Nabi Muhammad. Ridwan artinya diridai atau malaikat surga dan Kamil artinya insan yang sempurna," tuturnya.

Emil menyampaikan rasa syukur karena hari ini dirinya mendapatkan kepercayaan dari Partai NasDem untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih pada NasDem memberi dukungan pada saya tanpa mahar, tanpa syarat apapun," katanya disambut riuh ribuan warga.


(SAN)