BPTJ Targetkan 1.000 Bus Tersedia di Permukiman

Antonio    •    Rabu, 28 Mar 2018 11:26 WIB
transportasi
BPTJ Targetkan 1.000 Bus Tersedia di Permukiman
Ilustrasi. (ANT/Risky Andrianto)

Bekasi: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menargetkan 1.000 bus di permukiman pada 2018. Penyediaan 1.000 bus itu dilakukan agar pengembang tidak lagi menyediakan angkutan massal untuk warga di permukimannya. Seperti di permukiman Summareccon Bekasi, Perumahan Galaxy, dan Lippo Cikarang.

Kepala BPTJ Bambang Prihatono menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah meluncurkan 400 dari target 1.000 bus di permukiman seluruh Jabodetabek.

"Kami ingin memindahkan perilaku orang dari mobil pribadi ke angkutan umum. Makanya kami tiap minggu launching bus di permukiman-permukiman," kata Bambang di Bekasi, Selasa, 27 Maret 2018.

Menurut Bambang, selama ini pengembang membangun permukiman tanpa memperhatikan ketersediaan angkutan massal. Sehingga, warga yang ada di permukiman lebih memilih untuk menggunakan mobil pribadi.

"Jualannya juga kan, perumahan kami lima kilometer dari tol, lima menit dari jalan tol, akhirnya apa? Menggunakan mobil pribadi," ujarnya.

Dia berharap, dengan disediakan bus di permukiman, warga dapat lebih memilih transportasi massal ketimbang mobil pribadi. 

"Kami targetkan tahun ini 1.000 bus, sekarang baru 400 bus, masih ada 600 bus lagi," kata Bambang. 


(LDS)