Tol Bocimi Beroperasi Pertengahan Agustus

Rizky Dewantara    •    Kamis, 02 Aug 2018 10:20 WIB
infrastrukturjalan tol
Tol Bocimi Beroperasi Pertengahan Agustus
Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I sudah masuk tahap penyelesaian. Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) akan mengoperasikan ruas baru jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I. Ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer tersebut dioperasikan pertengahan Agustus 2018.

Tol yang sempat difungsikan sekaligus diuji coba selama 14 hari saat mudik Lebaran 2018 lalu. Tol dinilai efektif mengatasi kemacetan.

Staf Teknik Tol Bocimi Paket Satu, Arif ridho, tol penghubung dari Bogor hingga Sukabumi sudah 90 persen selesai. Tol masuk tahap penyelesaian.

"Seperti penyelesaian gerbang tol dan fasilitas lampu penerangan di seluruh jalan," ungkapnya saat ditemui di tol Bocimi, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 2 Agustus 2018.

Struktur jalan tol Bocimi dinyatakan sudah rampung dan bisa dilalui oleh kendaraan. Pengerjaan yang dikebut berupa pembangunan saluran air disisi jalan dan pemasangan lampu-lampu penerangan jalan.

Pembangunan tol Bocimi seksi I ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer sendiri terbagi menjadi empat paket pekerja yang menggarap jalan ini.

"Kita ada di paket satu yang hanya mengerjakan pintu masuk tol dan jalan sepanjang 5 km, selanjutnya ada tiga paket lainya yang mengerjakan hingga Cigombong," papar dia.

Namun demikian, ia menyatakan, hingga saat ini tol Bocimi seksi I belum bisa digunakan untuk masyarakat umum.

"Akan diresmikan pada pertengahan Agustus 2018 ini," pungkasnya.


Pekerja proyek tengah menyelesaikan saluran air di Tol Bocimi. Medcom.id/Rizky Dewantara


Diketahui, proyek pembangunan Tol Bocimi itu dikerjakan pemerintah dan sudah dimulai untuk seksi l. Bocimi atau Ciawi-Sukabumi (Cisuka) akan dibangun sepanjang 54 kilometer.  

Tol Bocimi seksi I ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer, sedangkan Seksi II Cigombong-Cibadak 11,9 kilometer, Seksi III Cibadak-Sukabumi 13,7 kilometer, dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 kilometer.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar menjelaskan proyek Tol Bocimi Seksi I yang hampir rampung di wilayah Kabupaten Bogor ini harus terus didorong percepatannya karena akses menuju selatan Jawa Barat ini sempat banyak hambatan.

Bahkan, sambung dia, saat mudik Lebaran tiba banyak pemudik mengeluhkan kemacetan dari simpang Ciawi hingga Sukabumi sehingga pembangunan Jalan Tol Bocimi Seksi I hingga IV ini sangat penting dituntaskan.

"Yang jelas, saya ingin ada percepatan pembangunan Tol Bocimi, nanti kita akan lihat lagi ke lapangan perkembangannya," ujarnya saat dihubungi Medcom.id.


(SUR)