100 Hari Pertama Ridwan Kamil, Berkunjung ke Kantor Dinas

Bayu Anggoro    •    Kamis, 06 Sep 2018 16:38 WIB
pemerintah daerah
100 Hari Pertama Ridwan Kamil, Berkunjung ke Kantor Dinas
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 5 September 2018, MI - Ramdani

Bandung: Ridwan Kamil akan berkoordinasi dengan seluruh unsur pemerintahan pada 100 hari tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, komunikasi dan koordinasi merupakan cara yang sangat baik untuk memulai tugas di Pemerintah Provinsi Jabar.

Emil mengatakan tak akan bisa langsung bekerja tanpa berkomunikasi lebih dulu. Lantaran itu ia akan berkenalan lebih dulu dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Di mana-mana, enggak mungkin bisa langsung tune in," kata Emil usai serah terima jabatan dari Penjabat Gubernur Jabar Iriawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 6 September 2018.

Emil akan berkunjung ke lembaga lain seperti kepolisian, kejaksaan, pengadilan, dan Kodam III Siliwangi. Ia juga akan berkeliling ke beberapa kantor dinas.

Emil berjanji lebih sering berkomunikasi dengan bupati maupun wali kota. Tujuannya memaksimalkan program pembangunan. Malah, kata mantan Wali Kota Bandung itu, ia akan membuat grup komunikasi di telepon selulernya. 

"Komunikasi ini yang tidak saya rasakan selama lima tahun terakhir," kata Emil.

Dia pun berjanji akan menempatkan bupati/wali kota sebagai mitra kerjanya, bukan sebagai bawahan. Ia juga meminta kepala daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat dan meresponnya.

Tim yang disebut 'Quick Respons' ini akan menghimpun dan menyerap keluhan masyarakat. Meski demikian, Emil telah menyiapkan program untuk masyarakat. Khususnya, meningkatkan ekonomi warga.

"100 hari pertama ini sudah bisa satu desa satu perusahaan, satu pesantren satu produk," katanya.

Selain itu, pihaknya pun sudah menyiapkan aplikasi untuk meningkatkan digitalisasi di desa. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan satu telepon seluler pintar kepada setiap kepala desa. Nantinya, kepala desa akan melakukan digitalisasi seperti dalam perdagangan. 

"Kepala desa bisa menyerap hasil petani, kemudian menjualnya secara online," katanya.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Keduanya memenangkan Pemilihan Gubernur 2018. 
 


(RRN)