Bus Damri Pengangkut Pemudik Terbakar di Cipali

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 09 Jun 2018 00:43 WIB
kebakaranMudik Lebaran 2018
Bus Damri Pengangkut Pemudik Terbakar di Cipali
Bus Damri jurusan Jakarta-Kuningan terbakar di Rest Area Tol Cipali Km 166 A Majalengka pukul 20.00 WIB Jumat, 8 Mei 2018. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan

Majalengka: Bus Damri jurusan Jakarta-Kuningan yang mengangkut pemudik dari Jakarta terbakar di Rest Area Tol Cipali Km 166 A Majalengka pukul 20.00 WIB Jumat, 8 Mei 2018 malam. Bus dengan nomor polisia B 7383 GD ini, berangkat dari Terminal Kebayoran hendak menuju Kuningan dengan membawa 26 orang penumpang.

Kasatlantas Polres Majalengka, AKP Isnadi mengatakan, peristiwa tersebut bermula, saat bus yang dikemudikan Hendi Adriana, 38 merasakan adanya bau asap terbakar, saat melintas di KM 159. Warga Wonosobo Jawa Tengah ini namun tetap melajukan kendaraannya hingga masuk ke Rest Area Cipali di Majalengka.

"Sopir kemudian memarkirkan kendaraannya diarea parkir belakang rest area Km 166," ujar Isnadi, Jumat, 8 Juni 2018 saat dikonfirmasi.

Percikan api kemudian terlihat muncul dari atas ban bagian sebelah kiri. Hal tersebut membuat seluruh penumpang turun dan menyelamatkan barang bawaannya masing-masing. 

Baca: Arus Lalin di GT Cikarang Utama Dialihkan

Evakuasi juga dibantu oleh sejumlah petugas pos pelayanan dan pegawai rest area, karena api semakin membesar.

Upaya pemadaman juga dilakukan oleh sejumlah petugas dengan dibantu security danmpetugas area, dengan menggunakan alat pemadam dan hydran yang berada disekitar lokasi. Api kemudian berhasil dipadamkan satu jam kemudian.

"Api berhasil padam, pada pukul 21.00," kata Isnadi.

Petugas kepolisian, sempat memerintahkan tim urai, untuk menutup sementara pintu masuk rest area Km 166 untuk mempermudah proses penanganan. Polisi memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ujar Isnadi.

Pihak Damri kemudian mendatangkan armada pengganti untuk mengangkut para penumpang agar bisa melanjutkan perjalanan.


(DMR)