Bulan Depan, Seluruh Kepala Daerah Berkumpul di Bandung Bahas Smart City

Roni Kurniawan    •    Senin, 22 Aug 2016 16:31 WIB
pemerintah daerah
Bulan Depan, Seluruh Kepala Daerah Berkumpul di Bandung Bahas Smart City
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Emil, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Kota Bandung, Jawa Barat, akan menjadi tuan rumah acara Smart City Forum pada 2 hingga 3 September 2016. Seluruh wali kota dan bupati di Indonesia akan datang untuk membahas masalah dengan solusi teknologi Smart City.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Emil mengatakan acara itu menjadi wadah untuk berkolaborasi menangani masalah. Peserta forum akan saling bertukar software untuk menagani masalah tersebut.

"Ini bukan acara keren-kerenan software tapi bekerja sama memecahkan masalah," kata pria yanga krab disapa Emil itu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (22/8/2016).

Emil mencontohkan Pemkot Bandung yang memiliki lebih 300 software. Emil mengatakan siap membagi software-software itu ke daerah lain.

Melalui forum tersebut, lanjut Emil, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional akan menghimpun aplikasi dalam satu portal. Sehingga pemerintah daerah yang membutuhkan dapat menggunakannya dengan mudah.

Kegiatan akan berlangsung di Trans Hotel Bandung, Jalan Gatot Subroto. Beberapa pemerintah daerah yang akan hadir misalnya Kota Tangerang, Aceh, dan Jakarta.

Emil mengakui program smart city baru 30 persen berkembang di Indonesia. Itupun hanya ditemukan di kota besar.

Lantaran itu, forum akan membagikan strategi pada kabupaten maupun kota lain untuk mengembangkan konsep smart city.

"Artinya mengejar ke semua Indonesia canggih 100 persen butuh waktu. Caranya seperti ini tiap tahun sekali mau bertemu, berbagi. Dari Sabang sampai Merauke," tandasnya.


(RRN)