Persiapan PON, Laga Persib vs Arema Diminta tak Digelar di GBLA

Jaenal Mutakin    •    Senin, 22 Aug 2016 11:44 WIB
pon 2016
Persiapan PON, Laga Persib vs Arema Diminta tak Digelar di GBLA
Emil dan Iwa Karniwa meninjau lokasi penyelenggaraan PON di Stadion GBLA, Bandung, Ant - Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Pemerintah Kota Bandung mempertimbangkan laga Persib menjamu Arema pada 27 Agustus mendatang. Jangan sampai, jamuan itu mengganggu persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX pada September 2016.

Hal itu disampaikan Sekretarus Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa usai rapat koordinasi persiapan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 21 Agustus. Iwa mengatakan persiapan harus segera dirampungkan karena pelaksanaan PON kurang dari satu bulan.

Iwa mengaku persiapan belum 100 persen. Di antaranya penempatan kursi VVIP, penataan rumput lapangan, dan ketersediaan air dalam stadion. 

Iwa juga mengapresiasi rencana Persib Bandung untuk menjamu Arema di GBLA. Namun Iwa khawatir laga itu mengakibatkan kerusakan pada stadion.

"Jangan sampai itu mengganggu persiapan stadion yang akan menjadi lokasi pembukaan PON," ujar Iwa.

Sementara itu Ketua Bidang Upacara Pengurus Besar (PB) PON Nunung Sobari mengatakan tengah menyiapkan beberapa hal untuk upacara pembukaan ajang olahraga tingkat nasional itu. 

"Misalnya pemasangan panggung, pengeras suara, lampu. Bila laga Persib versus Arema dilakukan di GBLA, dikhawatirkan massa jadi sulit dikendalikan. Lalu siapa yang akan bertanggung jawab," kata Nunung.

Bahkan, hal yang tidak kalah penting yakni ketika harus menutup rumput lapangan untuk keperluan 3 ribu penari saat upacara pembukaan nanti. "Harusnya ditutup sore ini. Tapi kalau sekarang ditutup, nanti ketika Persib main dibuka lagi. Ini riskan," katanya.

Nunung mengatakan acara pembukaan PON merupakan hal yang penting. Namun Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun tak mau meremehkan laga Persib melawan Arema.

"Bahaya. Bisa jadi kampanye negatif buat PON. Kalau Persib enggak boleh main, Bobotoh (julukan untuk suporter Persib) pundung (mengambek) ke PON," kata Emil.

Namun Emil mengaku tak mau memaksa. Yang penting, lanjutnya, PON berjalan lancar. Laga Persib pun tetap aman.

"Saya percaya Bobotoh barageur (tertib)," ujar Emil.


(RRN)