Besok, Ratusan Domba Garut Berlenggang di Istana Bogor

Latief Rochyana    •    Jumat, 26 Aug 2016 15:04 WIB
istana bogor
Besok, Ratusan Domba Garut Berlenggang di Istana Bogor
Domba Catwalk di objek wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat (22/2/2014). (Ant/Ferri Purnama)

Metrotvnews.com, Garut: Sekitar 150 ekor domba asal Garut, Jawa Barat, akan hadir dalam kontes Domba Garut dan Kambing Piala Kemerdekaan di Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, besok.

Kontes itu melombakan empat materi. Yakni, Raja Pedaging, Raja Petet, Raja Kasep, dan Ratu Bibit. Acara juga akan dimeriahkan dengan pementasan kambing perah dan domba catwalk.

Ketua Himpunan Perternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut, Yudi Dirgantara, mengaku pihaknya mendapat undangan kehormatan dari Presiden Jokowi untuk ajang tersebut.

”Ini merupakan kebanggaan warga Garut karena ratusan domba bisa hadir di Istana Negara untuk diikutsertakan dalam kontes," kata Yudi melalui telepon genggamnya, Jumat, (26/8/2016).

Yudi bilang, sesi domba catwalk bakal menarik. Sebab, domba Garut yang biasanya terkenal dengan kegagahannya, kini bakal tampil anggun dengan ragam busana. Seperti legging, kerudung, ikat kepala maupun kacamata.

"Hebat­nya, selama peragaan busana berlangsung jarang domba ini jarang mengembik,” tutur Yudi.

Yudi mengaku bangga lantaran ikon Garut ini dihargai oleh pemerintah. Prestasi domba Garut tak perlu diragukan lagi. Pemprov Jabar pernah menganuegari Inovasi Jawa Barat 2016 bidang Seni Budaya Domba Catwalk. Juga, pernah memecahkan Rekor Muri pada 2009 dan 2013.

”Hadirnya Domba Catwalk di Istana Bogor ini semoga menjadi maskot di tingkat nasional,” pungkas Yudi.


(SAN)