Obat yang Dikonsumsi Belasan Anak di Tasikmalaya bukan PCC

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 26 Sep 2017 13:35 WIB
pil maut pcc
Obat yang Dikonsumsi Belasan Anak di Tasikmalaya bukan PCC
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 12 anak di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sempat kejang-kejang dipastikan bukan karena menenggak paracetamol caffein carisoprodol (PCC). Sebaliknya, mereka mengonsumsi examol.

"Jadi ini bukan PCC, delapan orang anak sudah bisa pulang, sedangkan empat lainnya masih dalam keadaan kritis," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Mapolda, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Selasa 26 September 2017.

Yusri menerangkan, Examol milik RZ yang baru pulang merantau dari Bekasi. RZ lalu mengajak belasan temannya untuk mengonsumsi bareng obat itu. "Karena dosisnya tinggi menyebabkan beberapa di antara mereka mengejang bahkan kini dalam keadaan kritis," bebernya.

Baca: 12 Anak di Tasikmalaya Kejang-kejang Diduga Konsumsi PCC

Selanjutnya, Yusri menegaskan untuk antisipasi masalah obat-obatan tersebut Kapolda Jabar telah memerintahkan Kapolres Tasikmalaya, untuk melakukan sidak di seluruh Apotek.

"Sidak dan penyelidikan terkait obat-obatan ini dilakukan seperti di apotek dan Kimia Farma bersama BBPOM Jabar. Tidak hanya Tasikmalaya saja seluruh Polres di wilayah hukum Polda Jabar melakukan ini," tandasnya.

Baca: Pemda Tanggung Biaya Pengobatan 12 Anak Korban Diduga PCC

Sebelumnya, Sebanyak 12 anak di Desa Sukadana, Kecamatan Pageurageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat keracunan. Mereka diduga mengonsumsi obat berjenis PCC. Bahkan satu dari mereka dalam keadaan kritis. korban mendapatkan obat diduga PCC itu dari temannya asal Bekasi. Semua korban masih berumur antara 13, 14 dan 15 tahun. 




(ALB)