Rusunawa Sadang Serang, Lain Dulu Lain Sekarang

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 23 Aug 2017 16:00 WIB
rusunawa
Rusunawa Sadang Serang, Lain Dulu Lain Sekarang
Rusunawa Sadang Serang -- MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Sadang Serang, diyakini warga mulai berubah. Rusunawa yang mayoritas dihuni korban penggusuran Babakan Siliwangi itu kini semakin nyaman ditempati.

"Dulu waktu awal masuk ke sini masih kotor, saluran pembuangan juga tidak bener. Saya dibantu warga inisiatif memperbaiki dan hasilnya Alhamdulilah bisa seperti sekarang. Lumayan rapi dan nyaman untuk dihuni," kata Mamat, 65, seorang penghuni Rusunawa Sadang Serang, Bandung, Jawa Barat, Rabu 23 Agustus 2017.

Mamat mengaku, sudah dua tahun tinggal di Rusunawa Sadang Serang. Saat ini, ada kurang lebih 90 kamar yang dihuni 50 warga eks Babakan Siliwangi, termasuk dirinya.

"Masih ada beberapa kamar kosong di lantai tiga dan empat. Saya dan warga mengatur tempat ini, biar nyaman. Jadi, banyak yang diubah walaupun belum 100 persen," tuturnya.

Menurut Mamat, sebenarnya banyak warga yang mengeluh terkait jarak ketika mereka beraktifitas. Namun, mau tidak mau mereka memaklumi dan tetap tinggal di rusunawa tersebut.

"Warga disini kebanyakan bekerja, ada yang berdagang, juga ada yang wiraswasta," bebernya.

Hal senada diungkapkan Jajang, 39, yang menempati sebuah kamar di lantai dua Rusunawa Sadang Serang. Ia mengaku nyaman tinggal di hunian tersebut.

"Saya baru 10 bulan tinggal di sini, tidak dibebankan membayar uang sewa. Namun, kita bayar untuk listrik dan air," tegasnya.

Rusunawa Sadang Serang dibangun Pemerintah Kota Bandung sebagai lokasi relokasi warga eks Babakan Siliwangi Bandung yang sebelumnya tinggal di wilayah bantaran Sungai Cikapundung. Hunian warga di wilayah bantaran sungai tersebut kini telah direvitalisasi menjadi teras Cikapundung.


(NIN)