Sebelum Dibekuk, M Sempat Mengasuh Anak-anaknya

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 07 Jun 2017 17:05 WIB
terorisme
Sebelum Dibekuk, M Sempat Mengasuh Anak-anaknya
Barang bukti yang ditemukan di rumah M di Cileunyi diduga terkait kegiatan terorisme, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Warga Kampung Sindangsari RT 5 Rw 21 Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,cukup mengenal sosok M. Menurut warga, M merupakan sosok yang baik dan selalu bersosialisasi.

Baca: Motivator Pelaku Bom Kampung Melayu Ditangkap

"Kadang suka main kesini, ngobrol bercanda sama saya dan warga yang lain," ungkap Akbar, warga Kampung Sindangsari, kepada wartawan di lokasi penggeledahan, Rabu 7 Juni 2017.

Akbar menuturkan, M selalu terlihat pergi ke mesjid untuk menjalankan ibadah sholat bersama ketiga anaknya.

"Kita bahkan salut, agamanya bagus kalau beribadah selalu membawa anak - anaknya ke mesjid tak jauh dari sini," bebernya.

Menurutnya, M diketahui berprofesi sebagai pedagang sendal saat ada pasar kaget diwilayah Cileunyi Kabupaten Bandung.

"Dia orang Banten, tapi istrinya asli orang sini (Kampung Sindang Sari) dia lama juga katanya jadi TKI di Arab," paparnya.

Sementara itu Nur Afriani, yang juga tetangga terdekat tak jauh dari kediaman M mengaku kaget, mendengar ayah lima anak ini diamankan polisi.

"Saya sedang tidur tadi, tiba - tiba ada ramai jam setengah sebelas ada garis polisi di depan rumah. Saya kaget karena tadi pagi masih mendengar suara M sedang mengasuh anak - anaknya," tandasnya.

Nur menuturkan, selama ini M tidak pernah memperlihatkan gelagat aneh di lingkungan sosial Kampung Sindang Sari.

"Enggak ada yang aneh, dia periang suka bercanda dan ketawa - ketawa kau bertemu saya," pungkasnya.

Sekitar pukul 14.00 WIB, petugas selesai melakukan penggeledahan. Menurut informasi yang dihimpun dari Polda Jabar, petugas berhasil mengumpulkan barang bukti dari rumah M.

"Ada beberapa dokumen penting seperti proklamasi Daulah Islam Irak, dua handphone dan simcardnya, satu panci presto ujuran 24 cm," ungkap Yusri lewat rillis yang disampaikan kepada wartawan.

Selain itu polisi juga berhasil mengamankan barang bukti lain seperti satu logo ISIS dan di bawahnya bertuliskan mujahid muda Muhammad Neil, dua buah pisau dan beberapa bundel print artikel.


(RRN)