Didukung Parpol, Emil Tak Mau Jadi Kader

Roni Kurniawan    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:16 WIB
pilkada 2018
Didukung Parpol, Emil Tak Mau Jadi Kader
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil belum berfikir masuk sebagai anggota atau kader partai politik. Ridwan Kamil mengaku akan berusaha untuk tidak masuk menjadi kader meski mendapat dukungan dari partai untuk maju ke Pilgub Jawa Barat 2018.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, sejauh ini semua partai diajak berkomunikasi terkait Pilgub Jabar. Namun ia tak memberikan perlakuan khusus kepada salah satu partai meskipun akan mendukungnya maju ke Pilgub Jabar.

"Saya tidak berpartai, karena tidak berpartai semua partai saya ajak bicara. Prinsip saya tidak akan berubah. Intensitasnya sama saja," kata Emil di Hotel Hilton Bandung, Jalan Pasirkaliki, Kamis 20 April 2017.

Hingga kini Emil belum mengetahui beberapa partai yang akan mendukungnya maju ke Pilgub Jabar, meskipun ia rajin berkomunikasi. "Karena saya tidak bisa menebak apakah mereka menyukai saya atau tidak. Jadi saya tidak pilih," cetusnya.

Hingga saat ini baru Partai NasDem yang sudah mengusung Emil maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Namun NasDem masih membutuhkan 15 kursi dukungan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat untuk memuluskan langkah mengusung Emil.

Saat pemilihan umum legistalif pada 2014 lalu, Partai NasDem memperoleh jatah lima kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat. Jumlah tersebut tentu kurang untuk mengusung Emil. Sementara syarat mengusung harus memenuhi 20 persen dari 100 kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat.


(ALB)