Masih ada Bus tak Lewati Jalur Khusus di Tol Cikampek-Jakarta

Antonio    •    Jumat, 16 Mar 2018 12:04 WIB
lalu lintas
Masih ada Bus tak Lewati Jalur Khusus di Tol Cikampek-Jakarta
Warga menggunakan bus TransJakarta memasuki gerbang tol Bekasi Timur, Selasa, 13 Maret 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Sejumlah angkutan umum jenis bus tidak mengindahkan paket kebijakan menggunakan jalur khusus di tol Jakarta-Cikampek setiap pukul 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. Itu berdasarkan pada evaluasi pelaksanaan kebijakan jalur khusus bus mulai 12 hingga 15 Maret 2018.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengimbau pengendara bus mematuhi kebijakan tersebut. Sebab, kebijakan itu bertujuan mengurangi kemacetan di tol dari arah Cikampek menuju Jakarta.

"Sekarang kita imbau supir bus dia disiplin di lajurnya. Karena kalau kosong dia pindah ke lajur lain. Kalau masih ada, kami foto busnya lalu menegru ke drivernya," kata Bambang di Bekasi, Jumat 16 Maret 2018.

Kepala Bagian Operasional Koordinator Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Kombes Benyamin mengatakan, jalur itu hanya disediakan bagi bus dari Pukul 06.00 sampai 09.00 WIB.

"Sebenarnya supir bus harus sudah tahu dia, ketika jam itu dia harus melewati jalur kiri yang sudah disiapkan oleh pihak jalan tol," ujarnya.

Ia mengatakan tidak ada sanksi yang diberikan untuk bus yang tidak menggunakan jalur khusus. Namun, hal itu menunjukan bahwa pengendara bus kurang disiplin. 

Mulai 12 Maret, bus harus melintasi jalur khusus dari Cikampek-Jakarta. Kebijakan itu berlaku dari pukul 06.00 hingga tiga jam kemudian. Selain itu, pemerintah menerapkan sistem ganjil genap di gerbang tol Bekasi. 


(RRN)