Pemkot Bandung Siapkan Rp7 Miliar Rawat Anak Citarum

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 22 Feb 2018 16:53 WIB
pencemaran lingkunganpencemaran sungai
Pemkot Bandung Siapkan Rp7 Miliar Rawat Anak Citarum
Sejumlah anak bermain di bantaran anak Sungai Citarum. ( ANTARA/Fahrul Jayadiputra)

Bandung: Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan ada 46 anak sungai yang melewati Kota Bandung dan bermuara ke Sungai Citarum. DPU Kota Bandung telah menyiapkan anggaran Rp7 miliar untuk pemeliharaan anak Sungai Citarum. 

"Ini lebih banyak dibayarkan untuk tenaga kerja atau PHL, terutama untuk sosialisasi dan perbaikan," kata Arief di Situ Cisanti, Kamis 22 Februari 2018.

Arief menuturkan DPU Kota Bandung bertanggung jawab atas fisik sungai dan juga isi sungai. Oleh sebab itu, selain memperbaiki fisik sungai, DPU Kota Bandung akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung untuk membersihkan sungai dari sampah. 

"Jadi, kita juga bersama pihak kewilayahan dan DLHK mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah ke sungai dan juga memelihara sungai sebagai sumber kehidupan," bebernya.

Menurutnya, DPU Kota Bandung memiliki kewajiban yang sama untuk menyukseskan program Citarum Harum. "Sehingga apa yang menyambung berhulu di sungai Citarum ini sudah bersih," ungkap Arief.

Arif mengungkap sampah yang ditemukan di beberapa sungai di Kota Bandung kebanyakan sampah rumah tangga. 

"Kasur saja masih ada, padahal kita sudah bekerja sama dengan PD Kebersihan bahwa kasur itu ada hari-hari tertentu untuk membuangnya pada hari Jumat untuk kasur dan kursi-kursi bekas, tapi masih saja ada," kata dia.


(LDS)