Aher: Air Sungai Citarum Pada 2018 Layak Diminum Itu Cita-cita

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 23 Jan 2018 11:19 WIB
pencemaran sungai
Aher: Air Sungai Citarum Pada 2018 Layak Diminum Itu Cita-cita
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan -- ANT/Novrian Arbi

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan tak pernah berjanji air Sungai Citarum bisa diminum pada 2018. Air Sungai Citarum bisa diminum dan aman bagi kesehatan warga pada 2018 adalah sebuah harapan dan cita-cita yang harus diwujudkan bersama.

"Saya sekarang harus hati-hati kalau bicara. Perkataan air Sungai Citarum pada 2018 mungkin dan layak untuk diminum itu sebuah cita-cita, bukan dalam artian janji atau program saya," kata pria yang akrab disapa Aher ini di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa, 23 Januari 2018.

Aher menuturkan, cita-citanya menjadikan Sungai Citarum bersih bukanlah kebohongan publik. Nyatanya, dirinya hingga kini terus menggalakkan pembersihan Sungai Citarum bekerjasama dengan berbagai elemen.

"Maksud saya, yang lain bisa kenapa kita tidak bisa? Kita berkomitmen menjaga air Sungai Citarum dari hulu sampai hilir bersih. Kita normalkan kembali aliran air dengan cara tidak membuang limbah apa pun ke Sungai Citarum," tutupnya.

(Baca: Presiden Minta Penataan Sungai Citarum Segera Dijalankan)

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2013 mencanangkan air Sungai Citarum bisa diminum dan aman bagi kesehatan warga pada 2018. Untuk mewujudkannya, Pemprov membentuk Forum DAS Citarum.

Forum tersebut diharapkan dapat menyatukan seluruh pihak yang peduli pada Sungai Citraum. Semuanya diharapkan bersatu tanpa merasa diri yang paling peduli dan berhak memperbaiki Citarum.

 


(NIN)