Golkar Ingin Daniel Jadi Wakil Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    Kamis, 09 Nov 2017 03:41 WIB
pilgub jabar 2018
Golkar Ingin Daniel Jadi Wakil Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Bandung: DPP Partai Golkar memutuskan memberi dukungan kepada Ridwan Kamil (Emil) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Namun, Golkar berharap Emil mau memilih Daniel Muttaqien sebagai wakilnya.

"DDP Golkar Jabar mengharapkan kepada Ridwan Kamil yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP Golkar. Untuk kiranya (Ridwan Kamil) dapat memilih Daniel Muttaqien sebagai cawagub," kata Wakil Ketua DPD I Golkar Jabar, M. Q. Iswara saat ditemui di kawasan Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Rabu 8 November 2017.

Iswara optimistis basis Daniel di Pantau Utara (Pantura) Jabar mampu menutupi minimnya eksistensi Emil kawasan tersebut. Terlebih, lanjut Iswara, Daniel memiliki pengalaman politik yang cukup, salah satunya menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

"Daniel kuat di daerah Pantura, sehingga diharapkan dapat mengcover kelemahan suara Ridwan Kamil di wilayah Pantura," tutur Iswara.

Baca: Golkar Duetkan Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien

Sejauh ini, Emil sendiri telah berupaya keras melakukan sosialisasi terhadap warga di kawasan Pantura, khususnya Indramayu. Namun, sosialisasi itu dinilai belum cukup intens untuk mengangkat popularitas Emil apalagi meraih dukungan warga.

"Daniel ini kan dikenal di Pantura, jadi akan membantu Ridwan Kamil untuk mendapatkan suara dan meningkatkan popularitas di sana," ucap dia.

Kendati begitu, Iswara memahami jika keputusan diusung atau tidaknya Daniel menjadi pendamping Emil harus dilakukan musyawarah dengan partai pendukung lainnya yakni NasDem, PKB dan PPP. Terlebih PPP pun mengusung Uu Ruzhanul Ulum untuk menjadi cawagub pendamping Emil.

"Harus dibicarakan partai yang mengusung. Ada NasDem yang paling awal mendeklarasikan, jadi kita harus menghormati. Ada PKB dan PPP juga. Saya yakin ada titik temu, ini harus dibicarakan," bebernya.

Sementara itu, SK dukungan bagi pasangan Ridwan Kamil - Daniel Muttaqien untuk maju di Pilgub Jabar baru akan diserahkan oleh DPP Golkar ke DPD Golkar Jabar pada Kamis, 9 November besok. Bahkan seluruh pengurus DPD Golkar Jabar diundang untuk hadir dalam penyerahan SK tersebut.

"Besok jam dua diserahkannya di DPP (Golkar) di Jakarta. Para Ketua DPD Kabupaten/Kota se-Jabar pun diundang," pungkasnya.


(CIT)