Polda Jabar Cokok Pencuri Spesialis Mobil Bak dan Minibus

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 08 Jul 2017 08:50 WIB
pencurian
Polda Jabar Cokok Pencuri Spesialis Mobil Bak dan Minibus
Ilustrasi. MTVN/M. Rizal

Metrotvnews.com, Bandung: Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Jawa Barat menangkap dua pelaku spesialis pencurian mobil bak terbuka dan minibus asal Cianjur. Untuk memudahkan penjualan, mobil hasil curian dipreteli dan dijual secara terpisah.

Daua pelaku bernama Dadang dan Odoy warga Cianjur, Jawa Barat. Keduanya ditangkap petugas Ditreskrimum Polda Jabar, digudang tempat penyimpanan mobil yang berada di kawasan Cikalong Wetan Cianjur. Dari hasil penangkapan polisi sita puluhan bodi mobil serta onderdil yang telah dipreteli.

Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Jabar, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, terungkapnya kasus pencurian mobil dengan modus penjualan secara terpisah ini, hasil dari laporan korban yang kehilangan mobil.

"Dari tangan kedua pelaku, barang bukti puluhan bodi mobil dan onderdil yang telah dipreteli telah kita dapatkan," kata Budi Satria Wiguna kepada Metro TV, Bandung, Sabtu 8 Juli 2017.

Guna mempertanggung jawabkan semua perbuatannya, dia mengaku, kini kedua tersangkan mendekam di sel tahanan Mapolda Jabar. Keduanya terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Setiap menjalankan aksinya, mereka membagi peran masing-masing, mulai dari melakukan pengintaian serta eksekusi pencurian, dengan sasaran mobil yang dioarkir ditempat sepi atau pun rumah yang ditinggal oleh pemiliknya. Setelah itu, mobil hasil curian mereka langsung dibawa ke gudang besar yang berada di Cikalong Wetan.

Agar penjualan mudah, dan tidak terlacak oleh polisi, onderdil dan body mobil mereka preteli. Kemudian dijual ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, bahkan sampai luar Jabar. Meski begitu, polisi bisa menangkap penadah mobil hasil curian kedua tersangka.


(SUR)