Mantan Gubernur Jabar Minta Presiden Rawat Pancasila

Antara    •    Sabtu, 24 Jun 2017 15:37 WIB
presiden ri
Mantan Gubernur Jabar Minta Presiden Rawat Pancasila
Presiden RI Joko Widodo, Ant - Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Bandung: Presiden Joko Widodo menjenguk mantan Gubernur Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin di Bandung, Sabtu 24 Juni 2017. Mang Ihin pun menyampaikan pesan pada Presiden.

Presiden tiba di kediaman Mang Ihin sekira pukul 12.30 WIB. Rumah Mang Ihin berlokasi di Jalan Cisitu Indah VI Bandung.

Baca: Presiden Datang ke Bandung untuk Jenguk Mantan Gubernur Jabar

Presiden mengatakan usia Mang Ihin kurang lebih 90 tahun. Tapi kondisi Mang Ihin masih sehat. Menurut Presiden, Mang Ihin merupakan tokoh sesepuh di Jawa Barat dan tokoh nasional.

Pertemuan berlangsung kurang lebih satu jam. Dalam pertemuan itu, Mang Ihin menyampaikan pesan.

"Beliau pesan betul agar Pancasila itu dijaga, dirawat betul-betul sebagai sebuah dasar negara, sebagai sebuah ideologi bangsa kita," kata Presiden di Bandung.

Presiden pun mengajak warga Indonesia berdoa untuk kesehatan Mang Ihin. Sehingga Mang Ihin bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menjenguk Mang Ihin. Susi datang sesaat sebelum Presiden tiba di rumah Solihin GP, Gubernur Jawa Barat periode 1970-1974 dan Pangdam XIV Hasanuddin periode 1965-1968.

Solihin GP, yang 21 Juli nanti akan berusia 91 tahun, sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Advent karena serangan stroke ringan dan saat ini menjalani rawat jalan di rumah.

Dalam kunjungan di Bandung, Presiden didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki serta Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan.

Usai menjenguk Mang Ihin, Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta hari ini juga pukul 14.00 WIB. 

Mang Ihin merupakan Gubernur ke-10 Jabar. Mang Ihin menjabat mulai 1970 hingga 1974. Mang Ihin juga pernah menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin pada 1965 sampai dengan 1968.

Mang Ihin bakal berusia 91 tahun. Saat ini, Mang Ihin menjalani perawatan di rumahnya akibat sakit stroke ringan. Sebelumnya ia pernah dirawat di RS Advent Bandung.


(RRN)