93.000 Kendaraan Diprediksi akan Melintasi GT Cikarang Utama

Antara    •    Kamis, 31 Aug 2017 19:01 WIB
iduladha 2017
93.000 Kendaraan Diprediksi akan Melintasi GT Cikarang Utama
Ilustrasi kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat. Antara/WAHYU PUTRO A

Metrotvnews.com, Cikarang: PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Cabang Bekasi Jawa Barat, memprediksi 93.000 kendaraan akan melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama pada puncak libur Hari Raya Iduladha 1438 Hijriah.

"Peningkatan juga diperkirakan akan terjadi pada beberapa ruas seperti di Jalan Tol Jagorawi, Cipularang dan Padaleunyi," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru di Kabupaten Bekasi, Kamis 31 Agustus 2017.

Menurut dia, volume kendaraan yang akan keluar dari Jakarta pada libur Hari Raya Iduladha 1438 H akan meningkat tetapi tidak signifikan. Peningkatan volume kendaraan pada GT Cikarang Utama (entrance) arah Cikampek diperkirakan mencapai 93.000 kendaraan.

Jumlah itu meningkat sebesar 19 persen dari kondisi lalu lintas normal sebanyak 77.000 kendaraan. Namun dalam hal ini Jasa Marga juga melakukan identifikasi daerah yang juga mengalami kepadatan di antaranya Simpang Susun Cikunir.

Selain itu, tempat peristirahatan sementara, Gerbang Tol Cikarang Utama untuk ruas Jakarta-Cikampek. Juga Gerbang Tol Bogor dan Ciawi untuk ruas Tol Jagorawi, Pasteur serta Cileunyi. Sedangkan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi juga akan mengalami kepadatan lalu lintas kendaraan.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi hal tersebut, Jasa Marga juga telah menyusun beberapa upaya antisipasi dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan tol.

Pelayanan tersebut di antaranya akan melakukan pengalihan lalu lintas pada segmen lalu lintas yang padat ke Jalur Arteri atau alternatif berdasarkan informasi yang didapat dari alat ukur kepadatan (RTMS).

Selain itu, juga diberlakukan pengalihan lalu lintas ke Gerbang Tol Kalimalang dua di saat terjadi kepadatan pada SS Cikunir.

"Juga pengalihan lalu lintas ke Gerbang Tol Cikarang Barat tiga dan masuk kembali di Cikarang Barat satu," katanya.

Serta dilakukan buka-tutup jalan Cikarang Utama secara situasional berdasarkan diskresi kepolisian saat terjadi kepadatan. Selain itu, akan melakukan buka-tutup Rest Area dan Parking Bay di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan pembukaan satu jalur pada sisi berlawanan (contraflow) di Ruas Tol Jakarta-Cikampek dan pada sekitar Rest Area (tempat istirahat sementara)) yaitu Km 41, 57+800, 62+400 arah Cikampek.

Namun dalam hal ini Jasa Marga juga menempatkan petugas patroli yang tergabung dengan kepolisian pada titik-titik yang dianggap krusial kepadatan lalu lintas.

Heru menjelaskan dalam upaya ini Jasa Marga akan terus melakukan antisipasi guna memperlancar arus mudik Idul Adha 1438 Hijriah. Selain itu meminta pengguna jalan tetap berhati-hati dikarenakan sepanjang ruas jalan Jakarta-Cikampek juga sedang dilakukan pembangunan program pemerintah.

Dan juga mengingatkan untuk tidak lupa membawa makanan dan minuman secukupnya agar bila terjadi buka tutup dapat tetap menjalankan kendaraannya.



(ALB)