Antre Sejak Subuh Demi Uang Baru

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 20 Jun 2017 13:49 WIB
penukaran uang
Antre Sejak Subuh Demi Uang Baru
Warga menukarkan uang pecahan kecil di kas keliling perbankan di Cirebon, Jabar. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Ribuan warga memadati halaman Masjid Agung Attaqwa Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 20 Juni 2017. Mereka tengah mengantre untuk menukarkan uang pecahan kecil. Beberapa di antara mereka bahkan rela antre sejak subuh.

Padahal, mobil kas keliling yang disediakan baru beroperasi jam 08.00 WIB. Warga rela mengantre lantaran penukaran uang pecahan kecil di beberapa kantor bank telah habis.

“Tadi saya coba ke bank, katanya sudah habis. Jadi akhirnya ke sini,” ujar Rohmah, 37, ibu rumah tangga yang mengantre selama dua jam setelah mendapat nomor antrean 1.309.

Hal serupa dialami Dewi, 35. Sebelum mendatangi kegiatan penukaran uang ini, ia terlebih dahulu mencoba menukarkan uang di dua bank nasional di Kota Cirebon. Namun, hasilnya nihil. “Malah diarahkan untuk ke sini,” kata Dewi.

Kepala Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi KPW BI Cirebon Yukon Afrinaldo menuturkan, penukaran uang di halaman Masjid Agung Attaqwa melibatkan lima bank. Masing-masing bank membawa uang pecahan senilai Rp500 juta.

Selain di kas keliling, penukaran bisa dilaksanakan pada bank yang ditunjuk BI. Pada Ramadan dan Lebaran kali ini, BI Cirebon menyediakan uang pecahan senilai Rp6,5 miliar.

Animo masyarakat cukup besar untuk mendapatkan uang pecahan kecil. "Kita buka jam delapan pagi, tapi sudah ada yang antre sejak subuh," kata salah satu petugas kas keliling di depan Masjid Agung Attaqwa Kota Cirebon.


(SAN)