Dua Pencari Burung di Gunung Galunggung Belum Ditemukan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 19 Sep 2017 11:23 WIB
longsor
Dua Pencari Burung di Gunung Galunggung Belum Ditemukan
Daerah longsor di Gunung Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat -- dok. Istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Pencarian masih dilakukan terhadap dua orang yang hilang saat terjadi longsor di Gunung Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, pada Sabtu 16 September 2017. Pencarian harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena lokasi rawan terjadi longsor susulan.

"Ancaman longsor susulan mengintai tim pencari, apalagi struktur tanah masih sangat rentan," kata Kasubbid Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Barat, Badan Geologi Sumaryono di Bandung, Selaa 19 September 2017.

(Baca: Gunung Galunggung Longsor, Dua Pencari Burung Dikabarkan Hilang)

Sumaryono menjelaskan, luas longsoran di Gunung Galunggung mencapai 8 hektare. Sehingga, tidak memungkinkan petugas memakai peralatan berat untuk proses pencarian.

"Tanda-tanda keberadaan orang juga tidak jelas dengan risiko ancaman bahaya longsor. Tadi malam, ada longsoran susulan, tapi tidak besar," terangnya.

(Baca: Longsor di Galunggung tak Berhubungan dengan Aktivitas Gunung Api)

Menurut Sumaryono, potensi longsor susulan sangat besar. Pasalnya, masih ada material yang menumpuk di atas dan lereng yang menggantung.

"Walaupun tidak sebesar longsoran sebelumnya, namun diharapkan masyarakat tidak beraktivitas di bawah tebing dan material longsoran," ungkap Sumaryono.


(NIN)