Sisa Jaringan Teroris Masih Ada di Jabar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 19 Sep 2017 16:20 WIB
teroris
Sisa Jaringan Teroris Masih Ada di Jabar
Barang bukti penangkapan seorang pria yang bawa sangkur dan airsoft gun di Cirebon, MTVN - Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Bandung: Detasemen Khusus 88 Antiteror dan Polda Jawa Barat masih memburu terduga teroris. Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, masih ada sisa-sisa jaringan terduga teroris di provinsi tersebut. 

Menurut Yusri, jaringan itu masih berhubungan dengan Jemaah Anshaarut Daulah (JAD) di Jabar. Satu di antaranya terduga teroris yang dibekuk di Cirebon, Imam Maulana (IM), kemarin.

"Ini masih banyak (JAD). Lantaran itu Densus terus menyelidiki keberadaan mereka. Kewaspadaan ditingkatkan. Polisi tidak takut. Kami siap memberantas," ujar Yusri di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa 19 Agustus 2017.

Yusri mengatakan, IM diduga terkait dengan jaringan JAD. Polisi menduga warga Majalengka itu merupakan pemain lama.

"Sasaran utamanya kepolisian sama seperti kasus bom di Kampung Melayu kemarin," bebernya.

Hasil pemeriksaan sementara, lanjut Yusri, IM beraksi sendiri. Kategorinya disebut dengan istilah lone wolf.

Dari hasil penelusuran, IM diduga terkait dengan beberapa peristiwa teror. Diantaranya meledakkan bom berdaya ledak rendag di bawah mobil operasional TV One di Taman Alun-Alun Kota Bandung. Tak ada korban dalam peristiwa yang terjadi pada malam pergantian tahun 2015-2016.

Baca: Mobil Kru TV One Dilempar Bom

Pria berusia 31 tahun itu juga diduga terlibat dalam kasus kekerasan terhadap polisi di Cikokol, Tangerang, Banten. Seorang pria yang disebut sebagai tersangka dalam peristiwa pada Oktober 2016 itu meninggal setelah menjalankan aksinya.

Baca: Kasus Penusukan Polisi, Polda Jabar Telusuri Jaringan ISIS Ciamis

Menurut Yusri, penyidik menduga IM dibaiat di sebuah lokasi di Ciamis beberapa tahun lalu. Pembaitan di lokasi itu juga dijalani pelaku teror peledakan bom di kawasan Thamrin, Jakarta.

Baca: Kapolri Ungkap Tiga Kelompok di Balik Bom Thamrin

Sementara itu Densus menggeledah rumah IM di Majalengka. IM diringkus di sekitar Bandara Cakrabhuana Cirebon sebelum Presiden Joko Widodo mendarat di lokasi tersebut.



(RRN)