Ridwan Kamil Resmikan Taman Terpanjang di Bandung

Roni Kurniawan    •    Rabu, 07 Feb 2018 14:20 WIB
taman kota
Ridwan Kamil Resmikan Taman Terpanjang di Bandung
Taman Alun Alun Regol, Kota Bandung. Medcom.id/Roni

Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) meresmikan taman Alun Alun Regol di Jalan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Rabu 7 Februari 2018. Taman tematik tersebut sebagai warisan terakhir Emil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Emil yang mengikuti pesta demokrasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 akan menjalani masa cuti sebagai kepala daerah usai penetapan sebagai peserta oleh KPU, 12 Februari nanti. Emil pun menginginkan kado indah bagi warga Bandung dengan bertambahnya taman tematik terutama di dekat aliran sungan Cikapundung.

"Iya ini warisan terakhir. Sesuai komitmen revitalisasi satu kilometer Sungai Cikapundung disepanjang Pasirluyu ini antara Jalan Pelajar Pejuang sampai Sukarno Hatta sudah kita resmikan tapi baru tahap satu sekitar 600 meter. 400 meternya dilanjutkan di tahap berikutnya," ujar Emil.

Emil menuturkan, taman yang menelan dana hingga Rp25 miliar itu merupakan terbesar dan terpanjang di Kota Bandung di masa kepemimpinannya. Dengan adanya ruang terbuka itu, Emil berharap berbagai aktivitas warga atau pun rekreasi tidak terpusat di Alun-Alun Bandung kawasan Jalan Asia Afrika.

"Sampai suatu hari mimpinya tiap kecamatan punya alun-alun sendiri untuk melaksanakan kegiatan, upacara dan lain-lain. Cicendo sudah kemarin, nanti dicicil di tempat yang memungkinkan," beber Emil.

Emil berharap, Wali Kota Bandung selanjutnya bisa meneruskan program dengan menghadirkan ruang terbuka hijau lebih banyak lagi bagi warga. Terlebih hal itu menjadikan salah satu indikator penilaian Bandung menjadi kota pariwisata dan memperkuat indeks kebahagiaan warga.

"Bandung, kota yang warganya paling bahagia se-Indonesia. Salah satu ukurannya sering bersilaturahmi, bisa di mana saja, termasuk di sini," kata Emil.


(ALB)