Ekspedisi 28 Gunung Demi Maknai Hari Sumpah Pemuda

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 28 Oct 2017 14:27 WIB
sumpah pemuda
Ekspedisi 28 Gunung Demi Maknai Hari Sumpah Pemuda
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Muhammad Herindra, saat kegiatan pembukaan ekspedisi serentak di 28 gunung. Foto: MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Beragam cara dilakukan untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda. Sekelompok muda-mudi se-nusantara ikut ekspedisi 28 gunung yang disponsori salah satu brand perlengkapan outdoor asal Indonesia.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra berkomunikasi dengan para pendaki gunung secara langsung. Dirinya merasa bangga pada pemuda Indonesia yang terlibat dalam ekspedisi ini.

"Saya selaku Pangdam III Siliwangi merasa bangga dengan kalian para pemuda. Teruslah berkarya untuk Indonesia ," ungkap Herindra, Sabtu 27 Oktober 2017.

Tim Ekspedisi Galih Donikara mengatakan gunung yang didaki tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Pemilihan gunung memiliki alasan tersendiri.

"Karena mewakili keanekaragaman hayati Medan tropis mulai dari wilayah Barat, Tengah dan Timur yang masing masing berbeda karakteristiknya," bebernya.

Menurutnya, tim ekspedisi ini didukung penuh oleh produk Eiger di Bandung. Tim Pusat Eiger Bandung melakukan Live Report upacara bendera dan pembacaan naskah sumpah pemuda tepat pukul 10.00 WIB.

"Untuk beberapa gunung yang memungkinkan sinyal 4G, kami minta live video suasana upacara. Sementara untuk beberapa gunung diadakan telepon via satelit," terangnya.

Eiger yang merupakan merk yang melekat dengan citra petualang. Eiger yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, berusaha menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia dengan ekspedisi ini.

Acara ekspedisi 28 gunung menjadi catatan khusus untuk Eiger dan pemuda yang turut serta. Kegiatan ini resmi dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan pencapaian Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak.


(SUR)