Normalisasi Citarum Solusi Banjir di Kabupaten Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 16 Nov 2017 22:00 WIB
banjirbencana banjir
Normalisasi Citarum Solusi Banjir di Kabupaten Bandung
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bandung: Camat Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung Yiyin Sodikin angkat tangan dalam menghadapi banjir tahunan di wilayah kerjanya. Dia hanya bisa mengimbau warga untuk hati-hati saat musim hujan tiba.

"Kami tidak bisa apa-apa ini kan bencana alam, kami hanya bisa mengimbau dari awal sebelum terjadi banjir kepada masyarakat agar selalu siaga," ungkap Yiyin saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Kecamatan Dayeuh Kolot kabupaten Bandung, Kamis malam, 16 November 2017.

Yiyin menilai normalisasi hilir selatan Sungai Citarum jadi solusi utama mengatasi banjir. Dengan begitu dampak banjir dapat diredam.

"Masalah utamanya ini di hilir, jadi sudah harus dilakukan normalisasi, dari arah hilir yaitu Curug Jompong ke Sungai Citarum," kata dia.

Dia yakin warga sudah jenuh dengan banjir langganan. Tapi warganya tetap awas dan tak pernah mengeluh. Yiyin mengapresiasi ketabahan warganya ini.

Setiap banjir, warganya banyak yang memilih bertahan. Padahal pihaknya sudah mengimbai warga mengungsi.

"Ya mereka takut kehilangan barang-barang berharga. Kalau air banjir sudah benar-benar besar, mereka mengungsi juga walaupun hanya sebentar," paparnya.


(SUR)