Puluhan Rumah di Bekasi Rusak Diterjang Puting Beliung

Antara    •    Senin, 23 Oct 2017 18:00 WIB
angin puting beliung
Puluhan Rumah di Bekasi Rusak Diterjang Puting Beliung
Ilustrasi angin puting beliung. Foto:BNPB

Metrotvnews.com, Bekasi: Puluhan rumah di Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat porak poranda diterjang angin puting beliung Minggu sore 23 Oktober 2017. 

"Puncaknya terjadi pukul 16.00 WIB, saat saya mendengar ada suara angin ribut dari arah selatan menuju timur. Semenit kemudian saya lihat halaman sudah berantakan," kata salah satu korban warga RW 01 Sumurbatu, Misna, 57.

Menurut dia, ketinggian putaran angin saat itu mencapai sekitar 10 meter dan menerjang rumahnya hingga sebagian tembok mengalami retak dan atap beterbangan. Angin juga merusak kebun pohon pisang miliknya yang terletak di depan rumah serta sejumlah tanaman jenis akasia ikut beterbangan.

"Tak lama tembok pada retak. Saya langsung keluar karena takut terjadi sesuatu. Yang saya pikirkan saat itu hanya nyawa saya dan keluarga," katanya.

Saat dia keluar rumah, situasi angin sudah mulai berkurang, hanya menyisakan situasi halaman yang berantakan dengan puing genteng dan tanaman. "Cuma semenit angin kencang ini lewat di rumah saya. Seketika situasi berubah berantakan," katanya.

Ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Ahmad Dimyati, mengatakan sebanyak tiga dari 20 rumah yang teridentivikasi mengalami kerusakan parah.

"Ini yang terbesar walaupun di Jatiasih terjadi hujan es pekan lalu. Kalau saya lihat memang faktor kayu-kayu bagian atap rumah yang sudah lapuk, terbawa angin. Tapi soal itu merupakan ranah Dinas Perumahan yang menjelaskan," katanya.

Meski demikian, kata Dimyati, pihaknya sudah memberikan bantuan dari pemerintah setempat kepada para korban berupa selimut dan beragam makanan. "Untuk sementara, tugas kami difokuskan pada pemotongan dahan kayu yang tumbang. Kami juga sedang membagi tim untuk membersihkan puing rumah yang hancur," katanya. Feru Lantara



(ALB)