Kendaraan Mengular Akibat Banjir di Bojongsoang-Majalaya

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 23 Feb 2018 12:48 WIB
bencana banjir
Kendaraan Mengular Akibat Banjir di Bojongsoang-Majalaya
kendaraan yang mengular akibat banjir di Kabupaten Bandung. (Medcom/Octa)

Kabupaten Bandung: Hujan lebat yang turun di Jawa Barat, Kamis, 22 Februari 2018, malam, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung di antaranya Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Majalaya. 

Pantauan Medcom.id, akibat banjir jalur menuju Majalaya dan Baleendah mengalami kemacetan. Siang ini, antrean kendaraan yang mengular mulai Buah Batu-Bojongsoang hingga jalan protokol menuju Baleendah dan Majalaya.

Warga Bojongsoang, Indra, mengatakan air mulai datang sekitar pukul 2.30 WIB, Rabu 23 Februari 2018. "Tadi dari Dinsos ada yang datang, tadi subuh air banjir juga naik sekitar pukul 03.00 WIB hingga dua meter," ungkap Indra yang ikut membantu mengatur arus lalu lintas.

Menurutnya, banjir mengakibatkan kendaraan kesulitan mengakses Jalan Cijagra, Bojongsoang tujuan Majalaya. 

"Bisa dilihat di jembatan Cikarees sudah macet, apalagi di badan jalan Cijagra ada genangan air banjir sebatas betis orang dewasa (sekitar 15 sentimeter)," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua RW 10 Kampung Cijagra, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Tatan Suherlan, mengatakan banjir merupakan imbas dari Majalaya.

Menurut Tatan, banjir di badan jalan Cijagra mencapai 50 sentimeter. Sedangkan di rumah warga yang terletak di dalam gang, kata Tatan, ketinggian air mencapai satu meter.

"Memang masih bisa dilewati, tapi harus pelan-pelan karena banjirnya lumayan. Kendaraan yang dari Rancaekek, juga dialihkan ke sini jadi banyak kendaraan besar (truk)," pungkasnya.

Hingga pukul 11.54 WIB, kemacetan masih terlihat di jalan Protokol Bojongsoang arah Majalaya-Baleendah Kabupaten Bandung.



(LDS)