Jembatan Sementara Penghubung Jateng-Jabar Dipasang Hari Ini

Jaenal Mutakin    •    Senin, 10 Oct 2016 13:02 WIB
longsor
Jembatan Sementara Penghubung Jateng-Jabar Dipasang Hari Ini
Jembatan penghubung Jabar-Jateng di Banjar, Jawa Barat, ambruk diterjang banjir. (Foto: ANTARA/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Bandung: Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memasang jembatan sementara untuk mengatasi ambruknya jembatan yang memutus jalan nasional Banjar-Jawa Tengah, hari ini, Senin 10 Oktober 2016.

Jembatan penghubung di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, ambruk diterjang aliran sungai Ciputrapinggan pada Minggu (9/10/2016). Akibatnya Jalan penghubung Pangandaran-Jateng lumpuh total.

"Kami sudah mendapatkan laporan dari Kepala Balai Pengelolaan Jalan Nasional Wilayah IV terkait rencana pemasangan bailey atau jembatan sementara di jalan nasional Jalan Brigjen M Isha, Kota Banjar," ujar Iwa, di Gedung Sate, Bandung, Senin (10/10/2016).

Menurut Iwa, bailey atau jembatan sementara akan didatangkan dari Balai di Cikampek, dan tengah dalam perjalanan ke Banjar.

"Jika pemasangan tidak bisa dilakukan hari ini, maka paling lambat besok (11/10/2016) sudah terpasang, “ ujarnya.

Pemasangan bailey dilakukan untuk mengendalikan dua arus kendaraan, baik dari Jawa Tengah ke Banjar dan sebaliknya maupun Pangandaran. Balai memastikan, pemasangan bailey telah dikoordinasikan dengan Polda Jabar.

“Untuk Pangandaran sudah ada solusinya dimana arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif,” katanya.

Putusnya jalan nasional ini terjadi akibat banjir yang melanda Pangandaran dan Banjar sejak Sabtu 8 Oktober sampai Minggu 9 Oktober. Banjir membuat akses ke Pangandaran terputus dan menyebabkan sejumlah rumah ambruk dan beberapa ruas tertutup longsor.


(MEL)