Jika Bobot Cukup, Bayi Kembar Siam asal Ciamis Segera Dipisahkan

Roni Kurniawan    •    Jumat, 09 Sep 2016 17:33 WIB
kembar siam
Jika Bobot Cukup, Bayi Kembar Siam asal Ciamis Segera Dipisahkan
Seorang suster tengah merawat bayi kembar siam di RHSH Bandung, Jalan Pasteur, Jumat (9/9/2016). Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Bayi kembar siam asal Ciamis, Jawa Barat, yang lahir pada 4 Juli silam kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung. 

Bayi kembar siam yang diberi nama Gina Satu dan Gina Dua ini secara umum dalam keadaan sehat dan mengalami kenaikan berat badan selama dua bulan berada di RSHS Bandung.

Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, Nucky Nurjamsi Hidayat, mengatakan berat badan bayi adalah 5,4 kilogram saat dibawa dari Ciamis. 

"Saat ini berat badan keduanya naik menjadi 7,3 kilogram," kata Nucky di RSHS Bandung, Jumat (9/9/2016).

Nucky mengatakan, anak dari ayah S, 24, dan ibu G, 18, ini dibawa ke RSHS saat usianya baru memasuki tujuh jam. Pasalnya, kondisi kedua bayi tersebut saling berdempetan dada dan dinding bagian perut. Sehingga, lanjutnya, butuh waktu untuk mengambil keputusan melakukan operasi pemisahan mereka.

"Kelainan bagian dada dan perut saling menempel termasuk organ bagian dalam, liver, dan hatinya. Bayi ini segera dioperasi untuk dipisahkan begitu berat badannya mencukupi," kata Nucky.

Walaupun butuh biaya besar untuk mengoperasinya, Nucky mengatakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dimiliki orang tuanya sudah bisa meng-cover seluruh biaya.

Saat ini, kedua bayi dirawat oleh dokter ahli, di antaranya dokter anak, bedah anak, anastesi, bedah torax, bedah plastik, bedah urologi, bedah Digestif, ortopedi, radiologi, patologi klinik, rehabilitasi klinik, patologi anatomi, ahli gizi, dan farmasi.

 


(UWA)