PKL Cicadas Dapat Perlakuan Khusus

Roni Kurniawan    •    Selasa, 23 Oct 2018 18:25 WIB
pedagang kaki lima
PKL Cicadas Dapat Perlakuan Khusus
Tenda pedagang kaki lima (PKL) masih berdiri kokoh di atas trotoar Jalan Ahmad Yani (Cicadas), Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 23 Oktober 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Sebanyak 752 pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Ahmad Yani (Cicadas), Kota Bandung, Jawa Barat, masih berjualan. Padahal, kawasan tersebut masuk tujuh zona merah bebas PKL sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Program relokasi bagi PKL Cicadas tak kunjung tuntas meski Kota Bandung telah berganti kepemimpinan. Bahkan PKL Cicadas ditata senyaman mungkin sebelum direlokasi di pemerintahan Oded M. Danial-Yana Mulyana saat ini.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui relokasi PKL Cicadas dalam pembahasan dengan DPRD Kota Bandung. Pasalnya, Pemkot Bandung masih menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk membeli dan membangun tempat baru bagi PKL Cicadas.

"Terpenting saya punya niat beres-beras daerah ini. Karena banyak pedagang yang berdomisili di daerah sini," kata Yana usai meninjau PKL Cicadas, Selasa, 23 Oktober 2018.

Trotoar Cicadas kioni dipenuhi tenda-tenda berwarna biru yang digunakan PKL. Sebagian toko yang berada di kawasan Cicadas tak terlihat karena tertutup ratusan lapak PKL.

"Nanti ini ditata biar rapi, dan juga toko-toko yang ada di sini juga biar kelihatan juga. Pokoknya harus ditata dan harus bersih," sambung Yana.


(SUR)