Awal Tahun, Bangunan Baru di Bandung Harus Berkonsep Green Building

Roni Kurniawan    •    Kamis, 27 Oct 2016 16:35 WIB
lingkungan
Awal Tahun, Bangunan Baru di Bandung Harus Berkonsep <i>Green Building</i>
Ridwan Kamil di kantor Puslitbang Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) baru Nomor 1023/2016 tentang Bangunan Gedung Hijau (green building) Kota Bandung, Jawa Barat. Peraturan itu mewajibkan seluruh bangunan baru di Bandung mengantongi sertifikat hijau sebelum mengurusi surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Sertifikat hijau menandakan gedung yang akan dibangun itu ramah lingkungan. Aturan itu berlaku untuk rumah hingga gedung bertingkat.

"Ini peraturan baru yang sangat besar yaitu peraturan bangunan gedung hijau yang mewajibkan semua bangunan dari kecil besar, dari rumah sampai gedung, untuk lulus sertifikasi hijau," ujar pria yang akrab disapa Emil itu di kantor Puslitbang Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jalan Turangga, Kota Bandung, Kamis (27/10/2016).

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, peraturan tersebut untuk menciptakan Kota Bandung lebih ramah lingkungan. Bangunan itu, kata Emil, harus bisa menghemat air, listrik, energi AC, dan mendaur ulang sampah.

"Pemilik bangunan pun harus memperbanyak area hijau di sekitar bangunan," kata Emil.

Pemkot Bandung juga akan membentuk tim khusus di bawah naungan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung untuk menyosialisasikan aturan tersebut. Aturan itu berlaku pada bangunan yang akan dibangun pada 1 Januari mendatang.

"Nanti tim itu ada dari akademisi, arsitek dan juga pihak yang bersangkutan. Selama dua bulan ini nanti mereka terus melakukan sosialisasi dan selanjutnya akan menjadi tim independen untuk mengeluarkan sertifikat itu," urainya.

Emil mengatakan, butuh waktu selama dua tahun untuk menggodok peraturan tersebut. Penelitian pun mendapat sokongan dari beberapa lembaga dunia seperti International Finance Corporation (IFC) sebagai lembaga keuangan Bank Dunia, Pemerintah Hungaria serta Pemerintah Swiss.

"Alhamdulillah Bandung kota pertama di Indonesia yang komprehensif dari segi bangunan mulai dari kecil hingga besar," pugkasnya.


(RRN)