Modus yang Biasa Dilakukan Penyelundup Narkoba

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 17 Mar 2017 13:09 WIB
narkoba
Modus yang Biasa Dilakukan Penyelundup Narkoba
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandung: Kawasan laut selatan diwaspadai sebagai jalur penyelundupan narkoba. Pengawasan pun dilakukan di bandara dan pelabuhan.

"Pada 2017, modus terbaru peredaran narkoba di Jawa Barat melalui jalur pantai selatan. Karenanya, kita bekerjasama dengan dinas-dinas yang berkompeten dalam hal ini untuk menahan laju peredaran narkoba di jalur pesisir selatan," kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Kantor Bea Cukai Bandung Mochammad Munif, Jumat, 17 Maret 2017.

Menurut Munif, kebanyakan pelaku membawa narkoba dengan menempuh jalur perbatasan. "Mereka biasa transit terlebih dulu dari perbatasan darat. Oleh sebab itu, kita lakukan pengawasan mendalam juga di perbatasan-perbatasan, terutama Jawa Barat," jelasnya.

Munif menegaskan, ada berbagai cara yang biasa dilakukan pelaku untuk memperdaya petugas. Paling banyak dilakukan adalah swallowing, yaitu pelaku menelan narkoba yang dibawanya.

"Kalau wanita, biasanya disimpan di selangkangan atau alas sepatu. Untuk modus disimpan di bagasi kendaraan atau pesawat, sekarang sudah jarang," terangnya.

Munif mengatakan, perlu adanya koordinasi dan sinergritas antara Kepolisian, Bea Cukai, Kemenkumham, dan dinas-dinas terkait untuk menuntaskan kasus narkoba. "Harus ada kerjasama untuk pengamanan di wilayah pesisir pantai di wilayah Jawa Barat. Ini kan perbatasan, mereka selalu mencoba berbagai cara untuk menyelundupkan narkoba," pungkasnya.


(NIN)