Rayakan Ultah ke-60, Pria Ini Akan Bersepeda 400 Km

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 16:33 WIB
unik
Rayakan <i>Ultah</i> ke-60, Pria Ini Akan Bersepeda 400 Km
Aki Niaki bersama sepeda yang akan digunakan untuk tur. Foto: Metrotvnews.com/roni

Metrotvnews.com, Bandung: Berbagai cara dilakukan untuk membuat kesan tak terlupakan saat berulang tahun. Hal itu dilakukan Aki Niaki, pelari trail sekaligus pesepeda asal Kota Bandung, Jawa Barat. Dia akan merayakan ulang tahunnya ke-60 dengan cara bersepeda ke Lampung.

Pria bernama asli Herry Constadi ini pada Sabtu 26 Nopember ini menginjak usia ke-60. Momen tersebut pun tak ingin dilewatkan begitu saja.

Aki Niaki akan bersepeda melintasi pulu berjarak 400 kilometer dari Kota Bandung hingga Lampung. Start di Pendopo Kota Bandung hari ini, Aki recanana akan finish di Pemerintah Kabupaten Lampung pada 30 November nanti.

Sepeda yang digunakan Aki Niaki bukan sepeda biasa. Pasalnya, ia akan memakai sepeda roda tiga yang dirakit dan didesain sendiri. Sepeda roda tiga itu memiliki posisi crank di bagian depan dan dilengkapi motor listrik. 

Sementara itu, sedel sepeda pun diganti dengan jok kursi. Hal itu dilakukan agar bisa nyaman saat digunakan karena bisa sambil bersender. Sehingga tak hanya membuat seimbang, tetapi nyaman digunakan.

Perjalanan yang dilakukan Aki bukan tanpa alasan. Sebab, hal itu diakuinya sebagai upaya untuk berkampanye terhadap generasi muda untuk terus bergerak aktif.

"Di usia saya yang tidak muda lagi, saya ingin mengajak generasi kuda untuk bergerak. Jangan diam saja. Tapi, harus jalan-jalan, pergi piknik yang tentunya tidak harus mahal. Murah tapi aman," kata Aki di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Sabtu (26/11/2016).

Selain itu, upaya yang dilakukan Aki dengan cara bersepeda lintas pulau adalah cara untuk belajar dari berbagai tempat yang akan dilintasi. Sebab, diakuinya, akan banyak hal baru yang akan dialami sebelum tiba di Lampung.

"Ini juga sambil belajar. Karena tidak menutup kemungkinan di tempat lain ada gerakan yang lebih bagus dan bisa kita contoh untuk diterapkan di Kota Bandung. Jadi, saya rasa akan ada banyak hal baru dalam perjalanan nanti," kata dia.

Sepanjang rute yang dilintasi, Aki akan melakukan berbagai aktivitas, seperti mengikuti community gathering, talkshow di radio, media visit, gerakan pungut sampah, dan lain sebagainya.


(UWA)