gangguan pembangkit listrik

PLN Cirebon Bakal Lakukan Pemadaman Bergilir

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 06 Sep 2018 13:08 WIB
listrik padam
PLN Cirebon Bakal Lakukan Pemadaman Bergilir
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Cirebon: Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cirebon akan melakukan pemadaman bergilir. Kondisi tersebut dilakukan setelah terjadi black out akibat gangguan interkoneksi 500 kilovolt Jawa-Madura-Bali (Jamali) pada Rabu, 5 September kemarin.

Humas PLN Cirebon, Amir Mahmud mengatakan, gangguan interkoneksi untuk wilayah Jamali, membuat aliran listrik di Cirebon terganggu hingga 20 megawatt. 

"Sehingga kami perlu lakukan pemadaman bergilir," ujar Amir di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 6 September 2018.

Untuk saat ini, pihaknya sedang mengatur jadwal pemadaman tersebut. Karena menurutnya, PLN akan melihat karakter wilayahnya, sehingga bisa menentukan priotitas waktu pemadaman yang akan dilakukan.

"Kita lihat dulu, kalau wilayah tersebut lebih banyak menggunakan listriknya malam hari, maka pemadamannya siang hari," jelas Amir.

Amir memperkirakan, pemadaman akan dilakukan secara bergilir per tiga jam. Waktu pemadaman lebih singkat dibandingkan saat trafo di gardu Sunyaragi Cirebon meledak beberapa waktu lalu.

"Saat trafo gardu Sunyaragi bermasalah, pemadaman bergilirnya sampai 6 jam," beber Amir.

Amir juga belum bisa memastikan, sampai kapan pemadaman bergilir ini akan dilakukan. Namun PLN akan terus berupaya untuk mengatasi masalah ini dengan cepat.


(DEN)