Alasan Target Vaksinasi MR di Depok tak Tercapai

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 03 Aug 2018 19:56 WIB
Imunisasi Measles Rubella (MR)
Alasan Target Vaksinasi MR di Depok tak Tercapai
Pemberian imunisasi MR pada anak-anak. Medcom.id/Rhobi Shani

Depok: Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok Ernawati mengatakan sasaran kampanye MR di Kota Depok tahun 2017 yaitu 458.144 dengan sasaran anak umur 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Tapi, target tersebut tak tercapai.

"Pencapaian Kampanye MR tahun 2017 di kota Depok mencapai 98,6 terhadap sasaran pendataan," ucap Ernawati saat dihubungi Medcom.id, Jumat 3 Agustus 2018.

Ernawati menegaskan, untuk tahun 2018 pihaknya menargetkan menyasar 44.317 anak umur 9 bulan dan kelas satu sekolah dasar. "Target imunisasi MR tahun ini (2018), sama seperti tahun kemarin tapi minimal 95 persen," bebernya.

Erna menjelaskan, kendala yang dihadapi pihaknya, banyak sasaran yang telah diimunisasi di luar Kota Depok. Banyak juga orang tua yang tak paham pentingnya imunisasi.

"Orang tua menolak, karena takut anaknya demam, rewel,," jelasnya.

Pemberian vaksin sangat penting untuk diberikan terutama dalam pencegahan penyakit campak dan rubella. Pemerintah tidak ingin virus mewabah, komplikasi, dan menyebabkan kematian.

"Campak dan Rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga mudah menular dan potensial  menimbulkan wabah," bebernya.

Ernawati menerangkan sistematika pemberian vaksin tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang didistribusikan langsung ke Puskesmas Sekota Depok.

Selanjutnya untuk fasilitas kesehatan swasta dan Bidan Praktek memurutnya dapat mengambil vaksin sesuai dengan sasarannya yaitu, Balita dan anak sekolah setelah bekerjasama dengan Puskesmas setempat.

"Layanan Imunisasi ada di  Puskesmas  dan Posyandu  sesuai dengan jadwal  yang telah disepakati kader posyandu masing-masing di wilayah. Laporan imunisasi dilakukan setiap bulan secara berjenjang," pungkasnya.

 


(SUR)