130 Petugas Pemeriksa Hewan Diterjunkan di Bekasi saat Idul Adha

Antonio    •    Selasa, 21 Aug 2018 18:24 WIB
idul adha
130 Petugas Pemeriksa Hewan Diterjunkan di Bekasi saat Idul Adha
Suasana di salah satu tempat penjualan hewan kurban di Jalan Raya Agus Salim, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 21 Agustus 2018..Medcom.id/Antonio.

Bekasi: Sebanyak 130 orang petugas pemeriksaan hewan kurban akan diterjunkan untuk memantau proses pemotongan hewan kurban di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Hari Raya Idul Adha, Rabu, 22 Agustus 2018.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi, Satia Sriwijayanti menjelaskan, selain dari dinas, petugas pemeriksa yang akan turun untuk memeriksa hewan kurban juga berasal dari kementrian.

"Jadi kita minta mereka bantu untuk membantu memantau proses pemotongan hewan di masjid-masjid. Sekitar 130 orang, begitu juga teman-teman dari kelurahan kecamatan kan sudah kita lakukan pelatihan untuk turut memantau pemotongan di Masjid," kata Setia di Bekasi, Selasa 21 Agustus 2018.

Setia mengimbau agar masyarakat Bekasi bisa menjalankan proses pemotongan sesuai aturan. Tidak hanya itu, Setia juga ingin pembagian hewan bisa merata terhadap warga yang membutuhkan.

"Perlakukan hewan secara baik (animal welfare), limbahnya tidak dibuang sembarangan, bungkus dengan kemasan daur ulang, pisahkan jeroan dari daging," jelas Setia.


(DEN)