Rutan KPK Lebih Mewah dari Lapas Sukamiskin

P Aditya Prakasa    •    Sabtu, 28 Jul 2018 20:01 WIB
sidak lapaslembaga pemasyarakatan
<i>Rutan KPK Lebih Mewah dari Lapas Sukamiskin</i>
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Medcom.id/P Aditya Prakasa

Bandung: Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyebut Rumah Tahanan (Rutan) yang berada di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih mewah dibandingkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

"Rutan di Gedung KPK itu jauh lebih hebat, kita yang buat, DPR yang ngasih APBN," kata Fahri usai mengunjungi Lapas Sukamiskin Bandung, Sabtu, 28 Juli 2018.

Sebagai anggota dewan, pihaknya ikut memberikan dukungan melalui APBN untuk pembangunan ruang tahanan baru di KPK.

"Di sana itu ada ACnya, ada TV, ada kulkas, kasurnya baru, segala macam ada. Kenapa begitu pindah ke sini diprotes oleh KPK, padahal di bawah gedung KPK," ucap dia.

Fasilitas yang ada di Lapas Sukamiskin sesuatu yang dianggap wajar. Apalagi maksud dan tujuan narapidana memasukkan atau membuat fasilitas berdasarkan kebutuhan.

Fahri mengatakan, pembangunan Rutan KPK itu supaya menjadi standar baru untuk penanganan terpidana kasus korupsi di Indonesia.

"Saya nanti akan melihat lapas yang di bawah gedung KPK itu kayak apa sih, supaya disamakan," kata Fahri.

Dia menilai KPK harus membuat standar. Apalagi, pemerintah tengah berusaha memperbaiki kualitas dan standar fasilitas di lapas.

"Diusulkan lebih baik dong, bukan malah dicela-cela kemewahan segala macam. Gedung KPK lebih mahal dan mewah kok," tuding politikus PKS ini.


(SUR)