Geng Serdadu Pondok Raya Ditangkap

Antonio    •    Rabu, 25 Jul 2018 18:51 WIB
kekerasanbegal
Geng Serdadu Pondok Raya Ditangkap
Pelaku ditangkap polisi. (Foto: Antonio)

Bekasi: Tiga orang pelaku begal dari kelompok Serdadu Pondok Raya (SPR) ditangkap polisi, setelah delapan kali beraksi di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Mereka adalah MRS, 28; MFR, 27, dan HM, 18. MRS ditangkap di Jatiwaringin, sedangkan MFR serta HM di Jatimakmur. Ketiga pelaku beraksi bersama dengan dua rekannya yang masih buron, R dan AM.

Dalam beraksi, mereka tidak segan melukai korban jika melawan. Pelaku membekali diri dengan senjata tajam jenis cocor bebek (corbek).

"Pelaku ini serang kali melakukan kejahatan jalanan di Pondok Gede dan sekitarnya, pelaku kita tangkap kemarin Senin (23 Juli 2018) sekitar jam 19.00 WIB," kata Kapolsek Bekasi Selatan, Komisaris Suwari di Bekasi, Rabu 25 Juli 2018.

Ia menerangkan, dari delapan kejahatan yang dilakukan satu di antaranya ialah pencurian kendaraan bermotor. Sedangkan tujuh lainnya, ialah kejahatan jalanan berupa pencurian dengan kekerasan (curas).

"Pelaku mengakui beberapa tindak pidana, ada delapan TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang diakui yang bersangkutan, enam di wilayah Pondok Gede, dua lainnya di Bekasi Selatan," ujarnya.

Dalam beraksi, pelaku memilih korban secara acak yang menggunakan sepeda motor. Kelompok SPR beraksi setiap pukul 01.00 WIB. Selama beraksi, pelaku telah membacok satu orang korban karena melawan. 

"Pelaku berjalan (mencari korban menggunakan sepeda motor), mepet korbannya, kalau korbannya saat ditodong nurut tidak dilukai, kalau korbannya melawan dia tidak segan-segan membacok korbannya," ucapnya.

Atas perbuatannya, ketiga orang pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.


(LDS)