PDI Perjuangan tak Akan Bantu Bupati Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 25 Oct 2018 09:48 WIB
kasus korupsiott kpkOTT Bupati Cirebon
PDI Perjuangan tak Akan Bantu Bupati Cirebon
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat TB Hasanudin (kiri) saat memberikan keterang pers di Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat (Jabar) tidak akan memberi bantuan hukum ke Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. Sunjaya ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Sunjaya," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar TB Hasanudin, Kamis, 25 Oktober 2018.

Bupati Cirebon tersebut sudah dipecat sebagai kader PDI Perjuangan mulai hari ini. Ia juga mengaku sangat menyesalkan kejadian tersebut karena sudah pimpinan partai telah sering mewanti-wanti.

"Dilarang melakukan korupsi, narkoba dan terlibat di kegiatan aksi teroris. Itu tiga yang selalu diumumkan," katanya.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sunjaya ditangkap bersama dengan enam pihak yang terdiri dari sejumlah unsur.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan membenarkan Sunjaya dan keenamnya diamankan karena terlibat praktik suap di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

"Terkait dengan jual beli jabatan," kata Basaria saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Selain menangkap politikus PDI Perjuangan dan koleganya, tim penindakan juga mengamankan sejumlah uang serta bukti transfer. Barang bukti yang disita itu diduga berkaitan dengan transaksi suap.

 


(SUR)