Kemenaker Minta Pelayanan K3 Ditingkatkan

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 07 Feb 2019 18:16 WIB
berita kemenaker
Kemenaker Minta Pelayanan K3 Ditingkatkan
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemenaker Sugeng Priyanto. (Foto: Dok. Kemenaker)

Bandung: Pegawai Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bandung diminta agar meningkatkan pelayanan di bidang K3 kepada masyarakat. Tujuannya agar siap menghadapi tantangan ketenagakerjaan pada era revolusi industri 4.0

"Saya berharap sarana baru ini akan menambah semangat bagi seluruh pegawai di Balai K3 Bandung untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang K3," ujar Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Sugeng Priyanto, saat meresmikan Auditorium Balai K3 Bandung, Jawa Barat, Kamis, 7 Februari 2019.

Kelembagaan yang kuat melalui penyediaan fasilitas penunjang kerja yang baik diperlukan untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan pada era revolusi industri 4.0. Pada era ini, kata Sugeng, segala sesuatu beralih dari manual ke digitalisasi.

"Tantangan tersebut bisa diatasi dengan memperkuat kapasitas kelembagaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) serta dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasarana pendukungnya," ujarnya.

Selain penguatan kelembagaan dan peningkatan kompetensi SDM, hal yang tak kalah penting adalah bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.
"Semua berkepentingan dalam masalah K3. Pasalnya produktivitas kerja akan meningkat apabila K3-nya terjamin," kata Sugeng.

Menurut Sugeng, K3 merupakan faktor penting bagi terciptanya iklim kerja yang sehat dan aman. Jika keamanan terjaga, maka produktivitas kerja bisa meningkat dan daya saing pekerja semakin tinggi.

"Semakin produktif maka semakin berdaya saing. Dengan begitu pekerja bisa semakin sejahtera," ucap Sugeng.



(ROS)