Dua Pabrik Ciu Rumahan di Bekasi Digerebek

Antonio    •    Rabu, 31 Oct 2018 20:32 WIB
razia miras
Dua Pabrik Ciu Rumahan di Bekasi Digerebek
Polisi menunjukkan barang bukti di salah satu rumah yang diduga sebagai lokasi pembuatan arak ciu di Vila Kartini, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu 31 Oktober 2018. Antonio/Medcom.id

Bekasi: Dua rumah yang diduga menjadi pabrik pembuatan minuman keras jenis arak ciu di Kota Beaksi digrebek Polres Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa 30 Oktober 2018. Dua pabrik tersebut berada di kawasan Vila Taman Kartini, Kelurahan Margahayu Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto mengatakan, pihaknya mendapatkan puluhan drum miras yang berisi arak ciu dari kedua rumah tersebut. "Di sini (rumah pertama) ada 38 drum, yang di sebelah (rumah kedua) itu ada 59 drum,{ kata dia di Bekasi, Rabu 31 Oktober 2018.

Pabrik tersebut membuat ciu dalam partai besar. Satu hari pabrik bisa memproduksi 240 botol minuman keras ilegal.

Polisi juga menemukan lokasi penyulingan di masing rumah. "Tapi berbeda owner (pemilik), berbeda penjualan. Tapi yang dia operasi sejenis ciu, modusnya juga sama," ujarnya.

Polisi menangkap dua pelaku. Dari rumah pertama pihaknya menangkap pembuat miras berinisial S, 37. Sementara, dari rumah yang berisi 59 drum polisi menangkap pemilik industri miras rumahan itu bernama Anton, 30.

Kedua pelaku diketahui sudah mengontrak di rumah tersebut selama satu tahun. "Sementara ini kita akan kenakan dugaannya telah melanggar undang-undang pangan dan undang-undang konsumen," tuturnya.

Kedua pelaku digiring ke Polres Metro Bekasi Kota. Mereka terancam hukuman pidana maksimal 15 tahun penjara.


 


(SUR)