Puluhan Bangunan Liar di Bantaran Kalimalang Dibongkar

Antonio    •    Selasa, 13 Nov 2018 20:39 WIB
penertiban
Puluhan Bangunan Liar di Bantaran Kalimalang Dibongkar
Bangunan Liar di Sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dibongkar. Istimewa.

Bekasi: Puluhan warung remang–remang di bantaran Kalimalang, Desa Pasirsari, Kabupaten Bekasi dibongkar Satpol PP Kabupaten Bekasi, Selasa, 13 November 2018. Pembongkaran dilakukan bersama dengan pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan PLN.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, bangunan yang berdiri di tanah tersebut telah menyalahi Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 4 tahun 2012 tentang Ketertiban Umum.

"Bukan penertiban bangunan prostitusi, tapi bangunan liar, jadi untuk prostitusi atau bukan prostitusi tetap kita bongkar, kecuali yang ada ijin dan masih terikat perjanjian dari PJT II," kata Hudaya di Bekasi, Jawa Barat.

Hudaya menjelaskan, akan ada sekitar 300 bangunan liar dari Desa Pasirsari hingga perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang yang bakal ditertibkan. "Jadi kami melakukan eksekusi atas dasar permintaan dari Direktur PJT 2 kepada Bupati Bekasi untuk menertibkan bangunan liar di atasnya (bantaran Kalimalang)," jelas Hudaya.

Namun, ada beberapa bangunan yang tidak ditertibkan karena masih terikat sewa yang sesuai dengan SPPLS (Surat Perjanjian Pemanfaatan Lahan Sementara). Sewa tersebut baru akan berakhir 31 Desember 2018 mendatang.

"Mereka masih terikat sewa dan ini resmi masuk ke kas Negara, PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Jadi tidak mungkin kalau dibongkar, menimbulkan gugatan karena dia sudah menyetorkan uangnya ke kas Negara," jelas Hudaya.


(DEN)