Sistem Ganjil Genap akan Diberlakukan di Depok

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 02 Aug 2018 13:05 WIB
sistem ganjil genap
Sistem Ganjil Genap akan Diberlakukan di Depok
Polisi memberlakukan peraturan ganjil genap di Slipi, Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018, MI - Pius Erlangga

Depok: Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, akan memberlakukan sistem ganjil genap. Tujuannya mengatasi kemacetan di kota tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana mengatakan sistem itu berlaku di beberapa lokasi kemacetan. Satu di antaranya Jalan Margonda.

"Rencana ini telah dikaji sesuai arahan Wali Kota Depok. Sistem ganjil genap akan dilakukan terutama di hari libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu," kata Dadang di Depok, Kamis, 2 Agustus 2018.

Dadang menuturkan hasil evaluasi menunjukkan kemacetan di Depok terjadi saat hari libur kerja dan sekolah. Biasanya, itu terjadi di pekan pertama dan keempat. Warga luar Depok pun biasanya berdatangan saat akhir pekan.

"Paling ramai itu di sekitar pusat perbelanjaan dan kuliner. Seperti Margo City. Apalagi, saat hari gajian," ungkap Dadang.

Dadang menilai sistem itu solusi terbaik mengatasi macet. Sebab, pemerintah tidak mungkin menambah kapasitas jalan. Sementara volume kendaraan terus meningkat.

"Kita berikan tahapan-tahapan kebijakan juga. Kita lakukan uji publik sampai dengan uji coba nantinya,” paparnya.

Selain sistem ganjil genap, Pemkot Depok juga menyiapkan mega proyek Terminal Terpadu di kawasan Margonda. Terminal dengan basis transit orianted development (TOD) itu akan menghubungkan transportasi, pemukiman, dan pusat perbelanjaan.


(RRN)