Longsor Puncak Diteliti PUPR

Rizky Dewantara    •    Kamis, 29 Mar 2018 15:24 WIB
longsorbencana longsor
Longsor Puncak Diteliti PUPR
Bencana longsor di Puncak Pass. (Medcom.id/Rizki D)

Bogor: Bencana longsor di kawasan Puncak Pass Resort, di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur,  Jawa Barat, tengah ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kepala Kepolisian Resor Bogor AKBP Andy M Dicky menjelaskan PUPR segera meneliti lokasi longsor untuk menentukan tindakan. 

"Para ahli juga sudah melakukan penelitian dan langkah-langkah yang nantinya akan diambil dari PUPR," jelas Dicky di sekitaran longsor, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 29 Maret 2018.

Baca:  Jalur Puncak Hanya Bisa Dilewati Motor

Dicky mengatakan, selain bekerja sama dengan Polres Cianjur, kepolisian juga akan berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Darat terkait penutupan jalan.

Kejadian longsor yang terjadi pada Rabu, 28 Maret 2018, malam, tidak mengakibatkan korban jiwa maupun menimbun kendaraan. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, Polres Bogor menutup arus dari kedua arah.

"Dengan kondisi saat ini, kita mengambil diskresi dengan menutup jalan sambil kita berkonsultasi dengan Dirjen Perhubungan Darat," tuntasnya.

Baca: Lama Penutupan Jalur Puncak Tunggu Hasil Pemeriksaan

Kendaraan roda empat ke atas tidak bisa melalui Jalur Puncak Bogor. Kendaraan dari Jakarta bisa melewati Cibubur, Jonggol, Cariu, lanjut Sukamakmur, untuk bisa ke Cianjur. Bisa pula melalui akses Sukabumi langsung Cianjur atau lewat Bandung, Padalarang, yang menuju Cianjur.

Penutupan jalur Puncak akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Masih ada pergerakan tanah apabila ada getaran dari kendaraan yang melintas.

Permukaan tanah di kawasan itu ambles 150 meter dengan kedalaman 40 meter. Longsor pernah terjadi pada Februari 2018.


(LDS)