MUI Belum Bahas Posisi Ketua Umum MUI

Farhan Dwitama    •    Rabu, 29 Aug 2018 12:11 WIB
mui
MUI Belum Bahas Posisi Ketua Umum MUI
Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsudin di Tangerang Selatan, Medcom.id - Farhan Dwi

Tangerang: Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum memutuskan soal posisi ketua setelah KH Ma'ruf Amin menjadi calon wakil presiden. Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsudin mengatakan jajaran akan segera rapat membahas soal posisi tersebut.

"Kalau Dewan Pertimbangan hanya memberikan pertimbangan. Nantilah siang akan kami rapatkan," kata Din ditemui di Universitas Muhammadiyah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 29 Agustus 2018.

Din mengatakan akan menyampaikan keputusan Dewan Pertimbangan yang berpedoman pada konstitusi MUI. Namun, kata Din, ada salah satu pasal dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MUI yang menyebutkan ketua umum dan sekretaris umum tidak boleh rangkap jabatan.

"Jadi, tidak boleh merangkap jabatan politik,” ucapnya. 

Namun, lanjut Din, Ma'ruf Amin masih calon dan belum definitif sebagai wakil presiden. Bila pun Ma'ruf Amin tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum MUI, kekosongan jabatan tak akan terjadi dan kegiatan organisasi tak terpengaruh.

“Kalau ketua umum berhalangan tetap, maka wakil ketua umum otomatis menggantikan. Saya alami dulu waktu KH Sahal meninggal, maka saya menggantikan beliau,” tandasnya. 


(RRN)