Strategi Tim SAR Temukan Korban Hilang di Waduk Cirata

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 24 Dec 2017 10:32 WIB
kapal tenggelamtenggelamperahu
Strategi Tim SAR Temukan Korban Hilang di Waduk Cirata
Tim Basarnas sisir Waduk Cirata cari korban kapal tenggelam. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Bandung: Petugas Basarnas dibantu Damkar, Dishub, BPBD Kabupaten Purwakarta bersama TNI Dan Polri masih melakukan pencarian terhadap enam korban kecelakaan kapal di Waduk Cirata. Korban masih belum ditemukan walau pencarian sudah berlangsung empat hari.

Humas  dan Protokoler Basarnas Kantor Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan pencarian hari ini, dilakukan dengan menambah peralatan dan petugas. Enam perahu karet dan dua perahu serat kaca (fiberglass) bersama personel lengkap diterjunkan.

"Pencarian dilanjutkan dengan menyisir dari lokasi kejadian tenggelamnya perahu pengangkut korban sampai Daerah Buangan pada koordinat 6 42' 45.15" S-107 19' 26.48" E," ucap Joshua, Minggu, 24 Desember 2017, pagi.

Joshua menuturkan, Tim SAR terus berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan korban. Petugas mengalami kendala selama pencarian dimana kondisi air yang keruh ditambah lagi jarak pandang para penyelam di kedalaman air 0.

Tim Basarnas berharap pada hari keempat pencarian ini ada tanda-tanda korban muncul dari permukaan. Korban hilang dikhawatirkan tersangkut di keramba atau eceng gondok yang banyak terseber di Waduk Cirata.

"Kita sudah menggunakan berbagai cara kemarin seperti pencarian menggunakan alat jangkar dengan harapan bila mana korban berada di dalam air dapat tersangkut dan diangkat ke atas," paparnya.

Joshua menerangkan pihaknya mengacu pada UU No. 29 Tahun 2014 mengenai Pencarian dan Pertolong. Pencarian orang hilang dilaksanakan selama tujuh hari.

"Tapi bila korban sebelum tujuh hari sudah diketemukan semua, operasi sudah bisa di tutup. Begitu pula jika korban belum juga ditemukan, pencarian masih bisa dilanjutkan apabila ada tanda-tanda," paparnya.

(Baca: Perahu Tenggelam di Waduk Cirata, 7 Orang Hilang)


(SUR)