Cuaca Ekstrem BPBD Cirebon Siaga 24 Jam

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 15 Nov 2017 10:17 WIB
cuaca ekstrem
Cuaca Ekstrem BPBD Cirebon Siaga 24 Jam
ilustrasi Metrotvnews.com

Cirebon: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, siaga 24 jam untuk penanganan bencana yang terjadi saat cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari ini di Cirebon.

Eman Sulaeman, Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon mengatakan, intensitas hujan di Kabupaten Cirebon dalam beberapa hari ini cukup tinggi, sehingga pihaknya menyiagakan personel untuk siaga 24 jam.

"Kami ada sekitar 40 personel, yang siaga 24 jam," kata Eman di Cirebon, Rabu 15 November 2017.

Dalam pekan ini, tidak ada cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Cirebon. Namun ia menyebutkan, ada sekitar enam rumah yang ambruk akibat hujan besar yang terjadi. Enam rumah tersebut tersebar di tiga lokasi, yaitu Desa Mundu, Sidamulya dan Kaliwedi.

"Kalau bencana alam, alhamdulillah tidak ada," kata Eman.

Sebagai bentuk antisipasinya, sungai Ciberes yang sudah menjadi langganan banjir, sudah dikeruk. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Bina Marga, untuk memantau pohon-pohon besar yang dihawatirkan roboh diterjang angin.

"Pasca sungai Ciberes dikeruk, banjir di wilayah timut agak berkurang," kata Eman.

Emil, salah satu warga Kabupaten Cirebon menuturkan, selain langkah antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah, ia juga menyarankan agar warga juga untuk ikut mengantisipasi bencana yang terjadi.

"Misalkan jangan buang sampah sembarangan, yang bisa mengakibatkan banjir," kata Emil.


(ALB)