Bandung Anggarkan Rp110 Miliar untuk Sungai Citarum

Roni Kurniawan    •    Jumat, 19 Jan 2018 22:07 WIB
lingkungan
Bandung Anggarkan Rp110 Miliar untuk Sungai Citarum
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Kota Bandung menganggarkan Rp110 miliar untuk pembersihan anak sungai Citarum yang melintasi Kota Bandung. Ini menjadi upaya untuk menanggulangi masalah sampah di sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

"Pemkot Bandung telah menganggarkan Rp 110 miliar untuk sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan Program Citarum Harum dan pembuatan septic-tank komunal," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada pertemuan hasil survei Citarum Harum Juara di Ruang Serba Guna, Balai Kota Bandung, Jumat 19 Januari 2018.

Pagu anggaran ini untuk kegiatan pengangkutan sampah setiap harinya, serta mengerahkan 2.000 orang pasukan gorong-gorong kebersihan atau Gober. Dia menyebut kegiatan ini mampu mengurangi drastis sampah di Sungai Citarum.

Selain itu, anggaran juga akan dipakai untu 12 ekskavator akan digunakan guna mengangkut sedimen di sungai. Kota Bandung sendiri dilewati sekitar 46 aliran anak sungai Citarum yang harus dibersihkan.

"Mudah mudahan dengan adanya upaya semua itu, 46 anak cucu sungai Citarum yang mengalir di Bandung bisa jauh lebih bersih," harap Emil.


(SUR)