Setelah Banjir, Lumpur Juga 'Merendam' Kawasan Cicaheum Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 21 Mar 2018 20:30 WIB
bencana banjir
Setelah Banjir, Lumpur Juga 'Merendam' Kawasan Cicaheum Bandung
Warga membersihkan lumpur yang terbawa banjir di kawasan Cicaheum, Kota Bandung, Rabu, 21 Maret 2018, Medcom.id - Octa

Bandung: Banjir di Kota Bandung, Jawa Barat, menyisakan lumpur. Petugas pun bergotong royong menyingkirkan lumpur dari lokasi banjir. 

Kepala Bidang Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Kurnia Saputra, mengatakan pembersihan lumpur dilakukan di kawasan Cicaheum. Kawasan itu merupakan jalur utama lalu lintas.

"Lumpur sudah kita bersihkan, mulai pagi tadi untuk di wilayah Jati Handap, Jalan AH Nasution mulai dari pukul 07.00 WIB pagi sudah kita bersihkan, sekarang tinggal di Jalan Raya Cicaheum saja," kata Kurnia di Bandung.

Banjir, lanjut Kurnia, terjadi kemarin malam setelah hujan deras. Sungai Cicabe meluap dan tak bisa menampung air hujan. Bukan hanya air, lumpur pun membanjiri jalan dan pemukiman.

Lumpur bahkan menutupi jalur utama dan gang masuk rumah. Ketebalan lumpur mencapai lutut orang dewasa atau ketinggian kurang lebih setengah meter di kawasan Jatihandap.

"Tapi sudah kita bersihkan. Dengan mesin penyemprot dari mobil Damkar, " bebernya.

Selain material lumpur, petugas juga membersihkan sampah ranting kayu dan sampah plastik di sekitar lokasi. Normalisasi jalan menjadi prioritas oleh Diskar PB Kota Bandung agar arus lalulintas tidak tersendat.

Sementara itu, kondisi sungai Cicabe sendiri tampak masih terlihat berwarna coklat keruh. Sampah nampak menyangkut di antara aliran sungai. Bahkan ada sebuah batang pohon hanyut dan menyangkut tepat di bawah jembatan Sungai Cipamokolan.

"Rumah yang satu ini counter pulsa rusak di bagian belakangnya, satu lagi bengkel di sampingnya roboh," kata Suhendar, warga sekitar Sungai Cicabe.



(RRN)